Rabu, 11 September 2024

*Atlet Judo Polri Sumbang Emas Untuk Provinsi Bali di Pon XXI Aceh Sumut*

Pejudo dari Jawa Barat yang juga seorang anggota Polri, Bharaka Dewa Kadek Rama Warma Putra berhasil meraih medali emas kelas 66 kilogram putra di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut hari kedua. 

Di final Anggota organik pasukan pelopor Korps Brimob Polri ini mengalahkan Ridho, pejudo asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelumnya Dewa Kadek mengalahkan pejudo Daerah Khusus Jakarta di semifinal. 

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyambut gembira kemenangan yang diraih Dewa Kadek. 

"Bangga sekali atas capaian emas yang diraih Dewa Kadek. Atas prestasi ini Kapolri memberikan penghargaan berupa kesempatan melanjutkan pendidikan Sekolah Bintara Polri, " Ujar Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Irjen Pol. Dedi berharap prestasi Dewa Kadek memotivasi atlet Polri lain yang berlaga di PON XXI. 

Tercatat ada 298 atlet Polri yang bertanding di 46 cabang olahraga PON 2024

Irjen Pol Dedi Prasetyo menambahkan ada 298 atlet Polri dan official yang mengikuti PON XXI lewat 46 cabang olahraga yang dipertandingkan.  

“Saya minta semua atlet Polri yang bertanding di event apapun, terutama PON yang sedang berlangsung untuk terus mengobarkan semangat dan Panji-panji Tribrata di gelanggang olahraga. Junjung tinggi sportivitas,” imbuh Irjen Pol. Dedi Prasetyo. 

Di hari kedua penyelenggaraan PON XXI 2024 ada 29 cabang olahraga yang dipertandingkan. Provinsi Jawa Timur untuk sementara memimpin perolehan medali dengan raihan 28 emas, 13 perak, 18 perunggu. 

Di posisi kedua perolehan medali sementara bertengger provinsi Jawa Barat dengan 14 emas, 19 perak, dan 21 perunggu. 

Tuan rumah Sumatera Utara menempet dengan ketat di urutan ketiga dengan koleksi 13 emas, 3 perak, 7 perunggu.

HUT KompasTV, Kapolri: Semoga Semakin Menggelorakan Semangat Persatuan

Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menghadiri malam perayaan Ulang Tahun ke-13 KompasTV. Puncak malam perayaan itu digelar di The Tribrata, Jakarta Selatan.

Jenderal Sigit pun mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-13 bagi KompasTV. Kapolri menyadari, media memiliki peran penting dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat.

“Saya selaku Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si., mengucapkan selamat ulang tahun Kompas TV ke-13. Semoga semakin profesional dan inovatif dalam menyajikan pemberitaan yang aktual, serta mampu menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai modal utama kewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ujar Jenderal Sigit, Rabu (11/9/24).

Perayaan malam puncak Ulang Tahun ke-13 KompasTV ini mengusung tema Melalui tema Indonesia Bersatu.

“Menapaki usia ke-13 Tahun, KompasTV terus berkembang menjadi salah satu jaringan Televisi Swasta Nasional yang mampu memberikan berbagai tayangan aktual dan menarik, sehingga dapat menginspirasi serta mengedukasi seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Jenderal Sigit.

Dalam acara ini turut dimeriahkan oleh grup band Kahitna, komedian Komeng, Cak Lontong, Abdel, dan Jarwo, serta penampilan lainnya.

Direktur Pemberitaan KompasTV, Rosianna Silalahi, mengungkapkan rasa syukurnya atas perjalanan 13 tahun KompasTV. Ia pun memastikan KompasTV akan terus memberikan tayangan sesuai etika jurnalistik.

"Di tengah gempuran disinformasi melalui media sosial, KompasTV berkomitmen tetap disiplin menjalankan kerja-kerja jurnalistik dengan profesional dan etis untuk menjadi kawan yang terpercaya bagi pemirsa,” ujarnya.

Selasa, 10 September 2024

*Cegah Perundungan, Pak Bhabin di Sidoarjo Gencarkan Edukasi Pelajar*

SIDOARJO - Secara masif pihak kepolisian dan sekolah di wilayah Kabupaten Sidoarjo mencegah terjadinya tindakan perundungan (bullying) di kalangan pelajar.

Di SDN Bulang, Prambon, Sidoarjo, Selasa (10/9/2024), anggota Satbinmas Polresta Sidoarjo, Polsek Prambon bersama guru mengedukasi pelajar bahaya tindak perundungan (bullying), serta mengajak berkomitmen pencegahan perundungan.

Kepala SDN Bulang Khojayanah menjelaskan, pembinaan dan penyuluhan ini wujud keseriusan pihaknya bersama siswa-siswi untuk kompak mencegah tindak perundungan (bullying). 

Upaya yang dilakukan adalah terus menerus memacu giat belajar mendulang prestasi, serta apabila ada perselisihan sesama pelajar dapat secara terbuka disampaikan ke dewan guru.

"Dengan meningkatkan prestasi juga menguatkan kerukunan tentu diharapkan sebagai langkah mencegah bullying di siswa-siswi kami," ucapnya.

Sementara itu, Kasubnit Binkamsa Polresta Sidoarjo Aiptu Sugeng yang hadir berikan edukasi di SDN Bulang mengapresiasi langkah nyata cegah bullying yang dilakukan bersama pihak sekolah.

"Kami imbau kepada para pelajar agar jangan sampai saling mencela dan melakukan tindakan bullying dengan teman lain, mari jaga kerukunan, kekompokan dan tingkatkan terus prestasi," pesannya.

Aiptu Sugeng juga mengingatkan, agar siswa-siswi berhati-hati atau bijak dalam penggunaan media sosial. Karena pelanggaran yang dilakukan di media sosial telah diatur sanksi hukumnya sesuai UU ITE. (*)

*Polres Blitar Berhasil Gagalkan Pengiriman Miras Jenis Arak ke Luar Jawa*

BLITAR – Polres Blitar Polda Jatim berhasil menggagalkan pengiriman satu truk berisi arak Bali yang hendak dikirim ke luar Pulau Jawa.

Pengungkapan kasus ini terjadi saat petugas melakukan razia di salah satu titik pemeriksaan di Blitar.

Petugas yang mencurigai Truk membawa muatan ilegal pun menghentikannya, dan setelah melakukan pemeriksaan, mereka menemukan ratusan dus berisi arak Bali.

Kedua pelaku mengelabui petugas dengan sebuah truk ekspedisi dengan nomor Polisi AG 8758 RN. 

Kasatreskrim Polres Blitar, AKP Momon Suwito Pratomo mengatakan, Ribuan botol miras yang di angkut menggunakan truk tersebut diamankan di perempatan Desa Jugo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar pada Selasa 03 Oktober 2024 sekitar pukul 18.00 WIB.

"Total Sebanyak 6.307 botol miras kemasan 300 ml dan 600 ml terbungkus dalam 249 karton kami amankan sebagai barang bukti," ujar AKP Momon, Selasa (10/09/2024). 

Dari penangkapan tersebut petugas juga mengamankan dua orang pelaku. 

Kedua pelaku tersebut yakni HS (39), sebagai jasa ekspedisi pengiriman miras di Desa Ngembul, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar dan RS (30), warga Sutojayan, Kabupaten Blitar, yang berperan sebagai sopir.

“Pelaku mengangkut miras jenis arak Bali untuk diperdagangkan," jelas AKP Momon.

Menurutnya diduga kuat Miras tersebut tidak sesuai mutu pangan atau standar pangan yang di atur dalam Undang-Undang. 

"Pelaku sudah empat kali mengirim miras dari Bali ke Kalimantan,” ujar AKP Momon.

Polisi masih terus mengembangkan kasus tersebut peredaran Miras yang diduga ilegal tersebut. (*)

*Polres Gresik Sasar 5 Kecamatan di Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024*

GRESIK - Langkah nyata untuk memberantas peredaran narkoba di wilayahnya, Kepolisian Resor Gresik gelar "Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024." 

Operasi ini dilaksanakan selama dua belas hari sejak tanggal 11 September sampai 22 September 2024 yang bertujuan bebas gangguan distribusi dan konsumsi narkotika.

Dipimpin oleh Kapolres Gresik, AKBP Arif Kurniawan,S.I.K, operasi ini akan melibatkan pasukan sebanyak 90 personel, terutama berfokus pada unit-unit narkoba dan kecamatan setempat. 

Target utama meliputi pengguna narkoba, pengedar, dan lokasi-lokasi yang dikenal dengan aktivitas terkait narkoba.

Operasi akan terkonsentrasi di daerah-daerah yang diidentifikasi sebagai hotspot narkoba, seperti Kebomas, Gresik, Driyorejo, Menganti, dan Wringinanom.

Kapolres Gresik, AKBP Arif Kurniawan,S.I.K menekankan pentingnya operasi ini, dengan menggarisbawahi kebutuhan untuk menciptakan Gresik yang bebas narkoba dan mencegah pasokan dan permintaan narkotika.

"Operasi ini mendukung upaya pemerintah yang lebih luas untuk memerangi penyalahgunaan narkoba, Menjamin lingkungan yang aman dan terkendali menjelang pemilihan regional," ucap Kapolres Gresik.

Sementara itu Kasat Resnarkoba Iptu Joko Suprianto,S.M mengatakan dalam Operasi ini akan menggabungkan berbagai strategi penegakan hukum, seperti Penggerebekan dan Penyisiran, Pengumpulan informan dan pengawasan untuk mengidentifikasi tren dan target baru.

Selain itu juga digelorakan Sosialisasi Masyarakat guna mendidik masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan mendorong mereka untuk melaporkan aktivitas mencurigakan.

"Dengan pendekatan multi-faceted, Kepolisian Gresik bertujuan untuk membongkar jaringan narkoba dan menciptakan komunitas yang lebih sehat dan aman."kata Iptu Joko. (*)

*Polresta Malang Kota Gelar Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024, Berikut Sasaranya*

KOTA MALANG – Dalam upaya mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Jawa Timur yang bersih dari narkoba, serta menciptakan kondisi yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024, Polresta Malang Kota akan menggelar Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto S.I.K, M.Si, diwakili Kabag Ops AKP Sutomo SH, memimpin langsung latihan pra operasi (Latpraops) di Ballroom Sanika Satyawada, Malang, Selasa (10/09/24)

Dalam sambutannya, AKP Sutomo menegaskan bahwa operasi ini sebagai langkah strategis menekan angka penggunaan dan peredaran narkoba di Kota Malang.

"Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024 ini memiliki tujuan utama untuk menciptakan Kota Malang yang bebas dari narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya," ujar AKP Sutomo.

Ia berharap dengan operasi ini, jumlah pengguna dan pengedar narkoba dapat ditekan secara signifikan.

Operasi yang akan berlangsung selama 12 hari, mulai tanggal 11 hingga 22 September 2024, dengan menyasar berbagai target, mulai dari bandar, produsen, pengecer, kurir, hingga pengguna narkoba.

Selain itu, operasi juga akan fokus pada tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi transaksi narkoba.

"Target operasi ini sangat jelas, yaitu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Malang, khususnya selama pelaksanaan Pemilu Serentak 2024" tambah AKP Sutomo.

Seluruh personel yang terlibat diwajibkan untuk melakukan deteksi dini, penyelidikan, dan surveilans terhadap pelaku, hingga informasi dari masyarakat juga sangat diharapkan untuk mendukung keberhasilan operasi ini.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Malang untuk turut serta dalam memberantas peredaran narkoba. 

"Laporkan jika mengetahui adanya aktivitas yang mencurigakan terkait narkoba,"himbau AKP Sutomo.

Sementara, Amanah Kapolresta Malang Kota menekankan pentingnya disiplin dan integritas personel yang terlibat dalam operasi ini. 

Pihaknya tidak akan mentolerir adanya pelanggaran sekecil apapun.

"Setiap personel harus menjalankan tugas sesuai dengan SOP yang berlaku. Kami selalu melakukan pengawasan ketat terhadap seluruh personel yang terlibat," tegas Kapolresta Malang Kota.

Dengan digelarnya Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2024, diharapkan Kota Malang dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya memberantas peredaran narkoba, terutama pada masa-masa Pilkada 2024 seperti saat ini. (*)

*Polresta Banyuwangi Gelar Safari di Jumat Curhat Upaya Cooling System Jelang Pilkada 2024*

BANYUWANGI – Polresta  Banyuwangi intensifkan Program Safari dan Jumat Curhat sebagai upaya cooling system menjelang pemilihan kepala daerah ( Pilkada) 2024 secara serentak.

Program Safari dan Jumat Curhat adalah program komunikasi dua arah antara Polri dengan masyarakat dalam Harkamtibmas.

Dalam kesempatannya, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono yang diwakili Kapolsek Kabat AKP Kusmin menjelaskan bahwa kegiatan Safari dan Jumat Curhat dilaksanakan guna menjaga situasi kamtibmas jelang pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami sampaikan pesan pesan kamtibmas untuk menjaga kondusifitas lingkungan dari pengaruh berita hoax yang berpotensi memcah belah persatuan," ujarnya, Selasa (10/9).

AKP Kusmin juga menambahkan himbauan ke masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan bijak dan menjaga kerukunan pasca pemungutan suara.

Ia meminta masyarakat datang ke TPS masing - masing tanggal 27 November 2024 nanti dan memilih  sesuai hati nurani. 

"Tetap jaga silaturahmi, dan kedepankan persatuan dan kesatuan, " ujarnya.

Ia juga mengatakan Polresta Banyuwangi sebagai penyelenggara keamanan ketertiban Masyarakat benar-benar mendengarkan dan memperhatikan aspirasi demi terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Safari Jumat seperti ini, sinergitas antara Polresta Banyuwangi dan Masyarakat dapat terjalin dengan baik.

"Harapan kami sinergitas antara Polri dan Masyarakat dapat terjalin dengan baik, Pilkada 2024 berjalan sejuk, damai dan kondusif," pungkasnya.  (**)

*Melalui Aplikasi Matur Pak Kapolres, Warga Desa Pelem Terima Bantuan Sosial Polres Bojonegoro*

BOJONEGORO – Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, melalui Polsek Purwosari, kembali menunjukkan kepedulian sosialnya dengan memberikan bantuan berupa paket sembako dan tali asih kepada Joko Utomo, warga Desa Pelem Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. 

Bantuan ini merupakan bentuk tanggapan atas keluhan warga yang disampaikan melalui aplikasi "Matur Pak Kapolres".

Penyerahan bantuan sosial ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Purwosari, Iptu Subeki yang didampingi Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Purwosari, serta berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Pelem. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meringankan beban warga yang tengah membutuhkan bantuan, khususnya di masa-masa sulit.

Terpisah, Kapolres Bojonegoro AKBP Mario Prahatinto mengatakan bahwa bantuan ini diberikan sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat melalui aplikasi Matur Pak Kapolres, di mana warga dapat menyampaikan keluhan dan permohonan bantuan. 

"Kami mendengar langsung aspirasi warga melalui aplikasi ini, " kata AKBP Mario, Senin (9/9/2024).

Sementara itu Joko Utomo yang menerima bantuan, mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam kepada Kapolres Bojonegoro.

 “Bantuan ini sangat membantu saya dan keluarga, dan kami sangat bersyukur atas perhatian yang diberikan oleh Kapolres serta Kapolsek Purwosari,” ucapnya dengan penuh haru.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Purwosari juga menyampaikan bahwa Polres Bojonegoro berkomitmen untuk terus mendukung warga melalui berbagai program sosial. 

"Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban Pak Joko dan keluarganya dan hubungan baik antara kepolisian dan masyarakat dapat terus terjalin dengan erat," tambah Kapolsek.

Pemerintah Desa Pelem juga turut mengapresiasi langkah cepat Polres Bojonegoro dalam merespons kebutuhan warganya. 

Pemerintah Desa Pelem berharap kerja sama antara aparat kepolisian dan pemerintah desa dapat terus berlanjut dalam menjaga kesejahteraan dan keamanan masyarakat.  (*)

Strategi Polri Amankan Pilkada Serentak 2024

 Jakarta - Polri memaparkan strategi pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak 2024. Hal tersebut disampaikan dalam Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bako Humas) yang digelar hari ini, Selasa (10/9/2024).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, acara Bako Humas sangat penting. Sebab di era saat ini adalah kolaborasi bukan kompetisi.

"Tentu Bako Humas merupakan bagian daripada komunikasi strategis yang penting. Kita ketahui pernah mengalami yang tanpa kita prediksi yaitu Covid-19. Tanpa kolaborasi tentu tidak terselesaikan dengan cepat dalam penanganan khususnya terkait persoalan bangsa," kata Trunoyudo.

Saat ini, kata Trunoyudo, Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak usai penyelenggaraan pilpres dan pileg.

"Tentu demokrasi hal yang diamanatkan dalam undang-undang dalam satu frame baik pancasila, uud 45, bhinneka tunggal ika dan NKRI. Ini dilegalkan artinya secara konstitusi diatur masyarakat kita punya hak untuk memilih dalam rangka mengubah nasib masing-masing dalam hal memilih pimpinan daerahnya. Polri tidak bisa bekerja sendiri dan ini adalah hal yang kolaboratif," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Trunoyudo membacakan amanat Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dengan tema 'Strategi Polri Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2024 Guna Terciptanya Situasi Aman dan Kondusif'.

"Pilkada menjadi tonggak penting dalam agenda demokrasi indonesia dimana masyarakat secara langsung memilih pemimpin untuk daerah mereka," katanya.

Namun setiap pilkada tidak hanya ajang politik, tetapi juga menguji kestabilitas keamanan suatu daerah. Polri sebagai garda terdepan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat memiliki peran sentral untuk memastikan bahwa proses pilkada berjalan lancar, aman dan kondusif.

"Tahun 2024 menandai momen krusial bagi Polri menghadapi pilkada dimana tantangan keamanan semakin kompleks dgn adanya dinamika sosial dan politik yang berkembang sangat cepat," ujarnya.

Trunoyudo menjelaskan, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman, Polri telah menyiapkan strategi yang terukur. Salah satu pilar strategi ini adalah penguatan pengamanan sejak tahap pra pilkada, dimana dalam tahap pilkada yang pernah dilaksanakan sering muncul konflik antar pendukung calon, penyebaran hoaks dan potensi gangguan keamanan lainnya.

Lebih lanjut, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyampaikan Polri meningkatkan patroli dan pengawasan yang tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya secara intensif serta berkoordinasi yang erat dengan instansi terkait.

"Untuk mencegah potensi terjadi kerusuhan dan gangguan keamanan lainnya sebelum berkembang jadi masalah yang lebih nyata dan besar," ucapnya.

Ia menambahkan, Polri juga melakukan pendekatan dan keterlibatan aktif dengan berbagai elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan yang menjadi kunci membangun dukungan publik secara luas terhadap upaya menjaga keamanan selama pilkada.

Polri, ujarnya, juga selalu berupaya menciptakan kesadaran tentang pentingnya menjaga perdamaian dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung. Peningkatan kualitas personel juga menjadi fokus utama dalam persiapan polri menghadapi pilkada 2024 dgn melakukan pelatihan intensif dan simulasi situasi darurat.

"Polri memastikan bahwa setiap personelnya menghadapi berbagai tantangan yang mungkin akan terjadi mulai dari pengamanan pemungutan suara, hingga penanganan konflik sosial serta meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung operasional keamanan," katanya.

Trunoyudo mengatakan, sistem pemantauan digital, analisis data dan penggunaan aplikasi mobile memungkinkan Polri untuk merespons secara cepat dan efektif terhadap perkembangan situasi di lapangan serta mengkoordinasikan lintas sektoral dengan instansi terkait lainnya.

Menurut Trunoyudo, tugas pengamanan pilkada bukan hanya tugas Polri tetapi juga menjadi tanggungjawab seluruh elemen bangsa.

"Polri telah melakukan pemetaan melalui indeks potensi kerawanan pilkada sebagai dasar melaksanakan operasi. Mantap Praja dan Satgas Nusantara Cooling System untuk menjaga situasi aman, damai dan kondusif selama tahapan pemilu dan pilkada serentak di 2024," katanya.

Polri juga melakukan deklarasi pemilu bersama dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan langkah-langkah implementasi kepolisian berbasis wilayah yang dikenal dengan istilah Asta Siap, dengan maksudnya 8 persiapan yang dijadikan acuan pemolisian berbasis dampak melalui satuan tugas terpadu.

"Antara lain siap peranti lunak, siap posko, siap personel, siap latihan pra operasi, siap sarana dan prasarana, siap anggaran, siap masyarakat, siap terhadap kondisi kambtibmas," katanya.

Melalui upaya kolaboratif dengan berbagai pihak terkait, lanjut Trunoyudo, Polri menunjukan komitmen yang kuat menghadirkan proses demokrasi yang berkeadilan, aman dan bermartabat bagi seluruh masyarakat indonesia pada saat Pilkada nanti.

"Saya berharap kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk terus memperkuat hubungan antara Polri dan semua pihak kementerian, lembaga, badan dan stakeholders lainnya," ucapnya.