Sabtu, 31 Agustus 2024

Komjen Fadil Imran Pantau Kesiapan Satgas Tindak dan Satgas Walrolakir Amankan KTT IAF ke-2

Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan KTT IAF ke-2 di Bali, Kabaharkam Polri selaku Kaops Puri Agung II Komjen Fadil Imran memantau langsung kerja personel di pos komando taktis (poskotis) Satgas Tindak dan Satgas Walrolakir, Sabtu (31/8/2024).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini didampingi Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko selaku Kasatgas Humas. Dalam kesempatan tersebut, Fadil sempat bertanya-tanya kepada personel Brimob di Poskotis Satgas Tindak.

Dari posko tersebut, Alumni Akpol 1991 ini kemudian kunjungi Poskotis Satgas Pengawalan, Rute, Patroli dan Parkir (Walrolakir). Fadil mendapatkan penjelasan dari Kasatgas Walrolakir Brigjen Raden Slamet Santoso mengenai upaya-upaya yang dilakukan dari kepolisian lalulintas demi kelancaran pelaksanaan pengamanan KTT IAF ke-2.

Brigjen Trunoyudo mengatakan, bahwa Operasi Puri Agung II dalam rangka pengamanan KTT IAF dan HLF MSP sedang berlangsung. Untuk itu, kunjungan KaOps ke masing-masing poskotis untuk mengetahui bahwa seluruh personil dari masing-masing satgas sudah mengetahui dan memahami tugasnya.

"Kaops Puri Agung II tadi telah mengecek kesiapan personel di Poskotis Satgas Tindak dan Satgas Walrolakir. Jadi para personel yang bertugas dalam pengamanan ini harus sudah mengetahui dan memahami tugasnya masing-masing," kata Trunoyudo.

Ia menambahkan, bahwa saat ini sudah masuk tahap pelaksanaan operasi pengamanan. Para tamu VVIP-VIP dan delegasi saat ini sudah mulai berdatangan dan mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian.

"Kami sampaikan banyak terima kasih kepada seluruh masyarakat Jimbaran dan Bali atas kesabaran, keikhlasan dan toleransi-nya, sehingga perhelatan internasional ini bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar," kata Trunoyudo.

Kapolri Tegaskan TNI-Polri Siap Amankan KTT IAF di Bali

diBali - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau langsung kesiapan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) di Bali, Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Usai meninjau kesiapan pengamanan, Sigit memastikan bahwa, seluruh personel TNI-Polri siap mengamankan pelaksanaan event internasional tersebut. Upaya dan kesiapan terbaik telah dilakukan demi mendukung kelancaran kegiatan itu. 

"Tentunya seluruh personel TNI-Polri siap mengamankan kegiatan ini. Terkait berbagai macam ancaman kita telah persiapkan antisipasi. Sehingga dibentuk satuan tugas, khusus Polri ada delapan satgas, mulai dari preventif, sampai dengan bantuan operasi," kata Sigit usai meninjau pengamanan di Bali. 

Selain ancaman keamanan, Sigit menuturkan bahwa, pihaknya telah menyiapkan satgas khusus terkait dengan mengantisipasi penyebaran virus Mpox. Hal itu dilakukan skrining sejak delegasi negara lain tiba di Pulau Dewata. 

"Termasuk juga mengantisipasi isu terkini kaitannya dengan, Mpox. Sehingga dari awal pada saat kedatangan di bandara, tentunya sudah disiapkan satgas khusus memonitor dengan menggunakan thermal," ujar Sigit. 

Satgassus tersebut, kata Sigit, juga telah menyiapkan segala bentuk langkah apabila menemukan indikasi awal terkait dengan wabah Mpox. 

"Dan pada saat menemukan ada indikasi kesehatan kurang bagus, maka segera diamankan dan dibawa ke ICU. Dan kemudian diperiksa dan bila diperlukan akan dibawa ke rumah sakit yang sudah menjadi rujukan," ucap Sigit. 

Disisi lain, aparat kepolisian juga akan melakukan sejumlah pengaturan rekayasa lalu lintas ketika delegasi tiba di Bali. Hal itu dilakukan guna menjamin keamanan serta mengantisipasi terjadinya kemacetan.  

Karena itu, Sigit menyampaikan permohonan maaf ke masyarakat Bali khususnya, apabila aktivias di jalan raya sedikit mengalami gangguan selama berlangsungnya KTT tersebut. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali, karena terkait dengan pelaksanaan KTT ini memang ada beberapa rekayasa yang kita laksanakan," tutur Sigit. 

"Tentunya membuat kegiatan masyarakat sedikit terganggu, kami kami mohon maaf. Namun ini semua kita lakukan agar semua kegiatan berjalan baik. Harapan kami masyarakat mendukung, apalagi saat ini sedang ada situasi juga yang masuk ke rangkaian Pilkada. Sehingga semua kegiatan harus bisa berjalan dengan baik dan dua-duanya menjadi tanggung jawab kita," tambah Sigit menekankan.

Sementara itu, Panglima TNI menyatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel gabungan dan alutsista demi menjamin keamanan event internasional tersebut. 

"Personel 13.400 alutsista, helikopter, kemudian ada 4 KRI dan pesawar F16 disiapkan sekitar Bali," tutup Agus.

*Polres Jember Gelar KRYD di Terminal dan Stasiun Imbangi Pengamanan KTT IAF di Bali*

JEMBER - Dalam rangka mengimbangi Operasi Puri Agung 2024 Polres Jember Polda Jatim bersinergi dengan Kodim 0824, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Daerah melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

Operasi Puri Agung 2024 ini digelar untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 di Bali. 

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, menjelaskan, KRYD dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama bagi mereka yang bepergian menuju Bali menggunakan angkutan umum. 

"KRYD yang kami laksanakan bersama rekan - rekan TNI dan dinas terkait ini sebagai imbangan dari Operasi Puri Agung 2024 sebagai upaya pengamanan IAF ke-2 dan HLF MSP di Bali," kata AKBP Bayu Pratama, di Terminal Bus Jember, Sabtu (31/8).

Selain melaksanakan KRYD di Terminal Tawang Alun, Polres Jember juga menyasar stasiun-stasiun kereta api yang ada.

Dalam KRYD ini meliputi pemeriksaan barang maupun orang yang bepergian menuju Bali dengan menggunakan angkutan umum. 

"Pemeriksaan dilakukan secara humanis untuk memastikan bahwa semua penumpang dan barang bawaan mereka aman dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar AKBP Bayu Pratama Gubunagi.

Selain pemeriksaan di terminal dan stasiun, Polres Jember juga meningkatkan intensitas patroli oleh Polsek jajaran Polres Jember. 

"Patroli dilakukan dengan fokus pada terminal, stasiun, dan akses jalur menuju Bali," tambah AKBP Bayu Pratama.

Kapolres Jember menerangkan langkah ini diambil untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang bepergian serta untuk mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu pelaksanaan KTT di Bali.

"Kami ingin memastikan bahwa semua perjalanan menuju Bali berjalan dengan aman dan lancar, oleh karena itu kami meningkatkan frekuensi patroli dan melakukan pemeriksaan yang ketat namun tetap humanis," terang Kapolres Jember.

Ditegaskan oleh Kapolres Jember, pihaknya berkomitmen untuk mendukung suksesnya KTT IAF ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 di Bali dengan menjaga situasi kamtibmas.

Kegiatan inipun mendapat respon positif dari masyarakat. 

Banyak penumpang yang merasa lebih aman dengan adanya pemeriksaan dan patroli yang intensif. 

Mereka menyadari pentingnya langkah-langkah ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama perjalanan dan pelaksanaan acara Internasional di Indonesia. 

Kolaborasi antara Polres Jember, Kodim 0824, Dinas Perhubungan, dan Pemerintah Daerah menunjukkan komitmen kuat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Dengan sinergi yang baik antara semua pihak, diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,"pungkas Kapolres Jember. ,(*)

*Polisi Berhasil Ungkap Komplotan Pencuri Sapi di Lumajang,Dua Tersangka Diamankan*

LUMAJANG – Polres Lumajang Polda Jatim akhirnya berhasil mengungkap komplotan pencurian hewan ternak (Sapi) yang meresahkan warga Lumajang.

Dari pengungkapan ini, Satreskrim Polres Lumajang berhasil membekuk Dua orang terduga pelaku berinisial BS dan KN.

Kedua pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut sempat diberikan tindakan tegas terukur oleh Polisi.

Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik, mengungkapkan bahwa saat dilakukan penangkapan, kedua tersangka sempat melawan petugas.

“Karena membahayakan petugas, jadi kita lakukan tindakan tegas terukur kepada kedua pelaku,”kata AKBP Rofik, Jumat (30/8).

Kapolres Lumajang juga menjelaskan, bahwa penangkapan ini merupakan hasil penyelidikan mendalam atas laporan warga terkait hilangnya 1 ekor sapi. 

“Kedua pelaku diketahui telah beraksi di 16 lokasi berbeda di wilayah Lumajang setelah dilakukan pemeriksaan,”tambah AKBP Rofik.

Para pelaku menjalankan aksinya dengan cara membuka pintu kandang sapi yang terbuat dari anyaman bambu dan kemudian membawa kabur hewan ternak tersebut.

"Pelaku KN diketahui merupakan residivis kasus serupa sehingga terbiasa melakukan tindakan kejahatan ini,"ujar AKBP Rofik.

Peristiwa pencurian tersebut terjadi pada Rabu (21/8/2024) dinihari. Sebelumnya korban Tomo sempat memberikan makan sapi sekitar pukul 22.00 WIB. 

Namun saat bangun tidur dini hari mengecek kandang, ternyata korban mendapati sapinya sudah tidak ada.

"Setelah dilakukan pencarian, sapi tersebut akhirnya ditemukan di desa Kudus, kecamatan Klakah,"terang AKBP Rofik.

Kapolres Lumajang mengimbau agar masyarakat segera melaporkan jika melihat adanya aktivitas yang mencurigakan di sekitar kandang ternak. 

"Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat dan kepolisian, kita berharap aksi pencurian seperti ini dapat segera dihentikan," ujarnya. (*)

Jumat, 30 Agustus 2024

*Polres Bondowoso Berhasil Amankan Tersangka Jual Beli Senjata Api Ilegal Secara Online*

BONDOWOSO - Polres Bondowoso mengamankan seorang pria yang kedapatan memiliki senjata api (senpi) berjenis revolver buatan USA beserta amunisinya. 

Kapolres Bondowoso, AKBP Lintar Mahardhono mengatakan pengungkapan kasus ini bermula dari laporan masyarakat kepada pihak kepolisian, lalu ditindaklanjuti dengan penyelidikan. 

“Ada laporan warga Masyarakat lalu anggota melakukan penyelidikan hingga akhirnya mengamankan pemilik senpi tersebut karena diduga illegal,”kata AKBP. Lintar Mahardhono,Jumat (30/8).

Adapun senpi yang diduga illegal tersebut milik inisial WG (36) warga perum Graha Pelita Regency Kota Bondowoso yang saat ini sudah ditetapkan tersangka.

"Berdasarkan pengakuan pemilik, senjata api ini dibeli secara online dan akan dijual lagi,”tambah AKBP Lintar.

Atas kasus ini Polisi selain mengamankan WG dan senpi juga sejumlah bukti lainnya juga ikut diamankan yaitu 4 butir peluru kaliber 38, uang tunai 15 juta rupiah, dan sebuah handphone.

“Saat ini masih kita dalami dan kembangkan," tegas  AKBP Lintar.

Kapolres Bondowoso menghimbau kepada Masyarakat, agar tidak membeli atau menyimpan senjata api tanpa izin karena jelas melanggar hukum.

Jika memang mengetahui adanya kepemilikan senpi, agar segera melaporkan ke pihak kepolisian.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku kini harus mendekam di sel Mapolres Bondowoso dan dikenakan pasal 01 ayat 01 UU Darurat No 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. (*)

*Polres Ponorogo Droping Air Bersih untuk Warga Desa Duri*

PONOROGO - Polres Ponorogo Polda Jatim kembali melalukan droping air bersih untuk ratusan warga yang mengalami kekeringan. 

Kali ini air bersih itu diberikan pada warga Banyuripan, Dukuh Jemggring, Desa Duri Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo.

Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo mengatakan telah melakukan droping air bersih sebanyak 2 truk tangki yang masing - masing berisi 5.000 liter.

"Warga dukuh Jemggring Desa Duri saat ini mengalami kesulitan air bersih, untuk itu perlu bantuan air bersih, " ujar AKBP Anton,Jumat (30/9).

Kapolres Ponorogo mengungkapkan penyaluran air bersih ini akan dilaksanakan lagi sesuai kebutuhan warga.

"Kita akan bantu secara bertahap sesuai dengan kebutuhan warga," ujar AKBP Anton.

Kapolres Ponorogo menambahkan Memasuki musim kemarau ini, warga sangat membutuhkan air bersih. 

Mata air yang biasa digunakan warga telah mengering. 

"Kalaupun ada air bersih, warga harus mengambil dari tempat yang sangat jauh,"pungkasnya .(*)

*Berangkatkan Kontingen Jatim Berlaga di PON XXI Pj Gubernur dan Kapolda Jatim Beri Motivasi Atlet*

SURABAYA - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs.Imam Sugianto,M.Si didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim, menghadiri pelepasan Kontingen Jawa Timur.

Para atlet itu akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dilaksanakan di Aceh dan Sumatra Utara.

Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono mengatakan ada sebanyak 884 atlet dari berbagai cabang olahraga yang diberangkatkan kali ini.

"Kontingen Jatim sudah berlatih sudah lama dan dengan target tentunya yang terbaik lebih dari PON XX kemarin di Papua," kata Adhy Karyono di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (30/8/2024). 

Ia juga mengajak seluruh Masyarakat Jawa Timur untuk mendukung para atlet Jatim yang saat ini dibernagkatkan untuk berjuang di PON XXI.

"Kita doakan semua Jawa Timur akan memperoleh target kita juara umum atau paling tidak lebih dari PON tahun lalu," tutup Adhy Karyono.

Sementara itu Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, memberikan support serta semangat kepada atlet atlet Jawa Timur untuk berlaga dan bertanding di PON XXI di Aceh dan Sumut.

"Semoga di PON XXI Atlet Jatim bisa memberikan penampilan yang terbaik dan pulang membawa juara untuk membanggakan warga masyarakat Jawa Timur," ucap Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto.

Kapolda Jatim yang juga sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Pengprov Jawa Timur itu juga berpesan agar para atlet tetap mengedepankan sportivitas dalam setiap pertandingan.

“Selamat berjuang dan yakin atlet Jawa Timur tidak akan mengecewakan,”tutup Kapolda Jatim. (*)

Amankan IAF ke-2 dan HLF MSP di Bali, Polri: Tunjukan Indonesia Negara Aman

TNI-Polri menggelar apel gelar pasukan gabungan dalam rangka pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 yang digelar pada 1-3 September 2024 di Bali.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Pangkogabwilhan II Marsekal Madya M. Khairil Lubis dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Jumat (30/8/2024).

Komjen Fadil selaku Kaops Puri Agung II mengatakan, apel gelar pasukan gabungan bukan hanya satu kesatuan TNI Polri yang berkumpul, tapi suatu bangsa yang bertekad buat menunjukan bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang aman terbuka dan berkomitmen terhadap hubungan internasional yang dinamis dan saling menguntungkan.

"Kegiatan kali ini bukan sebuah demonstrasi kekuatan tapi refleksi kerja sama erat yang begitu kuat antara TNI Polri dan stakeholders terkait wujud kesiapan kami dalam mengamankan agenda internasional yang akan dihadiri oleh kurang 1.800 peserta," katanya

Fadil menjelaskan, persiapan pengamanan tidak hanya sebatas fisik dan teknis tapi juga meliputi perencanaan strategis yang matang. Personel telah menyiapkan diri menghadapi potensi risiko yang mungkin timbul dengan respons yang cepat tepat efektif dan terukur.

"Saya berharap dengan kegiatan pengamanan ini kita tidak hanya menjaga keamanan tapi juga berikan kesan yang baik dan memperkuat posisi Indonesia dalam diplomasi dan kerja sama internasional," ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Denpasar pada khususnya dan Bali pada umumnya atas dukungan terhadap TNI Polri dalam pengamanan event internasional yang sering digelar di Bali.

"Kami juga mohon maaf mana kala ada kekurangan ketidaknyamanan dalam pelaksanaan pengamanan KTT IAF dan HLF MSP," katanya.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, strategi pengamanan yang dikedepankan adalah kolaborasi, keterpaduan integratif dengan pola tindak mengutamakan langkah-langkah preventif dan preemtif.

"Ada beberapa cara bertindak disamping penjagaan pengaturan akan ada pengalihan arus lalu lintas. Ada buka tutup arus lalin. Seminimal mungkin senyaman mungkin namun tetap memperhatikan keselamatan pimpinan negara yang merupakan tamu vvip yg harus dijaga. Mengenai waktu tempat jika ada penutupan pengalihan one way akan disampaikan melalui kanal-kanal dimiliki Polda Bali dan Kodam Udayana serta penyelenggara. Seperti contoh saat gala dinner akan ada rute melewati menuju Jimbaran akan ada pengaturan khusus," ujarnya.

Sementara itu, Marsekal Madya Khairil mengatakan, apel gelar pasukan ini untuk memastikan unsur-unsur yang berada di bawah komando gabungan terpadu pengamanan (Kogabpatpam) untuk lebih mengetahui fungsi tugas posisinya masing-masing.

"Karena setelah ini semua pasukan akan masuk ke posisinya," kata Khairil.

Untuk pengamanan event internasional ini, ada 13 ribu lebih personel gabungan yang akan dikerahkan. Ia pun memastikan semua personel dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk pengamanan telah siap digunakan.

"Semua personel dan materil yang dibutuhkan untuk pengamanan ini sudah dihadirkan untuk tujuan pelaksanaan KTT berjalan aman dan lancar tidak ada gangguan sedikit apapun," katanya.

Pada kesempatan ini, ia pun mengucapkan terima kasih atas pengertian masyarakat Bali dimana pada pelaksanaan kegiatan ini ada beberapa kegiatan pengalihan arus lalu lintas yang tentunya seminimal mungkin akan dilakukan agar aktivitas sehari-hari masyarakat tak terganggu.

"Kegiatan pada kali ini dilakukan setelah tadi pagi kita laksanakan tactical floor game untuk memastikan siapa berbuat apa sesuai tugasnya," katanya.

Terkait alutsista yang digunakan dalam pengamanan ini, ia menegaskan semua komponen yang ada akan dikerahkan baik dari TNI, Polri, Basarnas, BNPB dan lainnya.

"Pertama alusista ini semua termasuk juga K9 anjing pelacak. Ditambah kita ada KRI kapal yang ada di pelabuhan dan pesawat tempur. Ada juga di Bali termasuk helikopter dari Polri, Basarnas kita gunakan semua. Darat laut udara, Basarnas, BSSN, BNPB semua mengeluarkan alutsistanya," katanya.

Ia pun memastikan bahwa persiapan dari sisi pengamanan dalam event IAF dan HLF MSP sudah 100 persen. Sebab simulasi dan gladi juga sudah dilakukan beberapa hari lalu.

"Dari segi pengamanan bisa dikatakan hampir 100 persen kita siap karena dari 2 hari lalu kita sudah mensimulasikan rute-rute termasuk pengawalan dari Polri, Paspampres juga sudah melakukan iring-iringan tamu negara sudah dilakukan gladi. Artinya kita sudah siap dan ini sudah kesekian kalinya kita melakukan ini," ucapnya.

Adapun beberapa potensi gangguan dalam pengamanan kali ini adalah kemacetan. Untuk itu, akan diatur sedemikian rupa agar lalu lintas tamu negara lancar namun tak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Semua objek wisata tidak ada ada penutupan. Justru ada event besar pak presiden dan Langlima tidak boleh terganggu aktivitas lain. Itulah makanya pengamanan ini harus mengatur sedemikan rupa agar semua berjalan dengan baik," katanya.

Bali Terapkan Rekayasa Lalin Selama Kegiatan KTT IAF KE-2 Mulai Besok

BALI - Demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan KTT Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP), serta kegiatan masyarakat Bali, pihak kepolisian akan dilakukan rekayasa lalulintas secara situasional mulai Sabtu (31/8/2024) besok.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, rekayasa lalulintas berupa pengalihan arus hingga buka tutup jalur secara situasional ini akan diberlakukan selama empat hari mulai besok hingga Selasa (3/9).

"Satgas Walrolakir (pengawalan, rute, patroli dan parkir) akan memberlakukan rekayasa lalulintas untuk kelancaran even ini sejak 31 Agustus hingga 3 September 2024. Sehingga seluruh kegiatan masyarakat, wisatawan dan delegasi serta tamu negara dapat berjalan dengan baik," kata Jansen dalam keterangan persnya, Jumat (30/8/2024).

Ia menuturkan untuk kegiatan Gala Dinner KTT IAF ke-2 yang berlangsung di Intercontinental Bali Resort pada Minggu (1/9), pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus dan juga buka tutup jalur di kawasan tersebut. "Pada ruas Jalan Raya Jimbaran akan dialihkan/Buka Tutup sementara menuju Simpang Kali Jimbaran. Untuk pengaturan arus lalulintas kita akan lihat situasinya," terangnya.

Adapun yang menjadi prioritas dalam rekayasa lalulintas selama empat hari kedepan yakni mulai dari Simpang Kampus Udayana menuju kawasan Intercontinental Bali Resort. Sehingga arus lalin yang bersimpangan dengan Simpang Kampus Udayana akan dialihkan menuju Jalan Bypass Ngurah Rai.

"Untuk itu disampaikan banyak Terima Kasih kepada seluruh masyarakat Jimbaran dan Bali atas kesabaran, keikhlasan dan toleransi-nya, sehingga perhelatan internasional ini bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar," tandas Jansen.

Kamis, 29 Agustus 2024

TNI-Polri Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Delegasi dan Masyarakat saat Event IAF di Bali

TNI-Polri menggelar Tactical Floor Game (TFG) gabungan dalam rangka persiapan pengamanan penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 yang digelar pada 1-3 September 2024 di Bali.
 
TFG dipimpin langsung oleh Pangkogabwilhan II Marsekal Madya M. Khairil Lubis dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran di 
GOR Yudomo, Denpasar, Bali hari ini, Jumat (30/8/2024).

Komjen Fadil mengatakan, salah satu target yang dicapai dalam pengamanan KTT IAF ke-2 dan HLF MSP adalah kelancaran dan keselamatan lalu lintas, baik terhadap tamu negara, turis dan aktivitas masyarakat di kota Denpasar.

"Untuk memperlancar semua itu kami sudah bentuk Satgas Walrolakir untuk mengawal kepala negara dan rombongan, mengawal peserta dan petugas akan melakukan pengaturan dan penjagaan rute yang dilalui delegasi. Ada 5 titik mulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai kawasan Nusa dua, kemudian menuju Jimbaran tempat gala dinner," kata Fadil.

Adapun cara bertindak yang dilakukan yakni pengaturan dan penjagaan seperti saat kegiatan gala dinner. Nantinya akan pengalihan arus lalu lintas saat kepala negara bergerak dari akomodasi menuju lokasi gala dinner.

"Hari ini Divhumas, Kabidhumas akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Teman-teman media tolong juga menyampaikan ada pengalihan rute seperti pada saat WWF dan G20 ada gala dinner di GWK kurang lebih seperti itu. Sesingkat mungkin dan juga memperhatikan kenyamanan masyarakat tentunya keselamatan kepala negara," katanya.

Sementara itu, Marsekal Madya Khairil mengatakan, total ada 13 ribu personel gabungan yang akan mengamankan event internasional yang dibagi menjadi 13 Satgas.

"Struktur organisasi satgas ada 13, personel TNI 8.300, kalau Polri 4.300 jadi total 13 ribu lebih personel yang diterjunkan termasuk personel kewilayahan maupun dari Jakarta. Dari Polri ada dari Polda Jatim dan NTB disiagakan sebagai penompang untuk kegiatan ini," katanya.

Informasi sementara yang didapat, akan ada 7 setingkat kepala negara terdiri dari 4 presiden, 1 wakil presiden, dan 2 menteri diangkat menjadi kepala negara yang terkonfirmasi hadir. Data ini masih terus berkembang menunggu kepastian dari Kementerian Luar Negeri.

Sementara untuk peserta dari mulai delegasi sampai petinggi negara diperkirakan akan ada 1.500 orang. Nantinya event IAF ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

"Forum Indonesia dengan negara Afrika dihadiri presiden dan digabung dengan event HLF MSP. Jadi ada 2 kegiatan. Presiden akan hadir sebelum acara gala dinner," katanya.

Ia pun berharap event IAF ini dapat menghasilkan kebijakan kerja sama bukan hanya ekonomi tapi juga sosial budaya termasuk juga pendidikan atau mengarah pertahanan.

"Kalau kita selama ini mengenal Konfrensi Asia Afrika yang mungkin beberapa tahun ini kosong. Kegiatan ini di sela-sela itu Indonesia Afrika Forum," katanya.

Terkait antisipasi penyebaran wabah penyakit Mpox atau cacar monyet, ia menjelaskan bahwa Presiden Jokkwi telah memimpin rapat untuk mengantisipasinya saat penyelenggaraan IAF.

Kementerian Luar Negeri, katanya, sudah bergerak dengan Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasinya dan tidak boleh lengah lantaran sumber wabah penyakit ini dari Afrika.

"Sehingga ada protokol kesehatan tidak biasa yang akan dilakukan di Bandara terhadap delegasi ini seperti menyiapkan termal untuk memonitor paling tidak awal suhu di atas 38 derajat. Ada beberapa termal juga disiapkan juga di venue-venue yang ada," katanya.

*Jelang KTT IAF ke-2 di Bali, Polres Probolinggo Optimalkan Pengamanan Infrastruktur Listrik Paiton*

PROBOLINGGO - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) Paiton Probolinggo yang menyuplai listrik di Jawa dan Bali, mendapatkan pengamanan ekstra menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 di Bali. 

Polda Jawa Timur melalui Polres Probolinggo menempatkan sejumlah personelnya di PLTU dan Gitet untuk melakukan patroli jelang KTT IAF yang akan berlangsung pada 1-5 September 2024 mendatang.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana melalui Kasat Pamobvit Iptu Nur Wasil mengatakan, sejumlah personel berjaga dan berpatroli mengamankan obyek vital nasional itu. 

Selain berkontribusi dalam memasok listrik ke Jawa dan Bali, PLTU dan Gitet Paiton merupakan kompleks pembangkit listrik terbesar dengan kapasitas 4.700 megawatt dan gardu induk dengan kapasitas 500 plus 150 KV. 

Iptu Nur Wasil mengungkapkan, PLTU dan Gitet juga menyuplai kurang lebih 15 persen listrik di Pulau Jawa dan Bali, sehingga perlu pengamanan objek vital demi suksesnya kegiatan KTT IAF ke-2 tahun 2024. 

“Sesuai perintah Bapak Kapolres Probolinggo, area PLTU dan Gitet Paiton menjadi objek vital yang sangat penting, oleh karena itu kami dari Sat Pamobvit menggelar kegiatan pengamanan,”ujar Iptu Nur Wasil di PLTU Paiton,Kamis (29/8).

Menurut Iptu Nur Wasil kegiatan pengamanan dan patroli itu guna memastikan keamanan dan tidak ada kendala atau gangguan jelang KTT IAF ke-2 tahun 2024.

Iptu Nur Wasil berharap, dengan pengamanan obyek vital yang sangat maksimal, penyelenggaraan KTT IAF ke-2 tahun 2024 di Bali bisa berjalan aman dan lancar. 

"Dengan segala persiapan yang dilakukan, kami berharap pelaksanaan KTT IAF ke-2 tahun 2024 di Bali dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar sehingga membawa nama baik bangsa Indonesia di kancah dunia,"pungkas Iptu Nur Wasil. (*)

*Komisi A DPRD Jatim Apresiasi Kesiapsiagaan Polresta Malang Kota Laksanakan Pengamanan Pilkada 2024*

KOTA MALANG — Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Malang, Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Polresta Malang Kota.

Kunjungan tersebut bagian dari upaya pemantauan pengamanan tahapan Pilkadaserentak 2024 di wilayah Jawa Timur.

Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Adam Rusydi, menjelaskan bahwa dalam kunjungan ini pihaknya menggelar rapat koordinasi di Polresta Malang Kota bersama jajaran kepolisian, KPU, dan Bawaslu Kota Malang.

"Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memantau secara langsung kesiapsiagaan aparat keamanan dalam hal ini Polresta Malang Kota dalam mengamankan tahapan Pilkada,”ujar Adam Rusydi saat di Mapolresta Malang Kota, Rabu (28/8).

Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur menyebut, pengamanan yang dimaksud adalah mulai dari proses pendaftaran bakal pasangan calon hingga antisipasi potensi kerawanan seperti unjuk rasa dan bencana.

Selama rapat, Komisi A DPRD Jatim mengapresiasi bahwa Polresta Malang Kota sudah mempersiapkan dengan baik seluruh aspek pengamanan Pilkada, termasuk pemetaan wilayah-wilayah rawan kerusuhan maupun bencana.

“Kami apresiasi kesiapan Polresta Malang Kota yang sudah mempersiapkan dengan baik untuk melakukan pengamanan tahapan Pilkada 2024,”ungkap Adam Rusydi.

Ia juga menilai bahwa pelaksanaan tahapan Pilkada oleh KPU dan Bawaslu di Kota Malang telah berjalan cukup efektif, meskipun masih ada sengketa terkait calon independen.

"Secara garis besar, kami menilai bahwa pelaksanaan Pilkada di Kota Malang sudah sesuai harapan. Semoga proses ini dapat melahirkan pemimpin yang sesuai harapan kita bersama," tambahnya.

Sementara itu, Wakapolresta Malang Kota, AKBP Adhitya Panji Anom, dalam kesempatan tersebut menegaskan sudah menyiapkan 530 personel dengan kesiapan sudah sangat matang.

Polresta Malang Kota juga telah melakukan beberapa tahapan persiapan, termasuk pelatihan peningkatan kemampuan personel dalam bela diri dan pengendalian massa, serta latihan operasi pengamanan.

"Hari ini, Sebanyak 177 personel telah disiagakan di Kantor KPU Kota Malang mulai 27-29 Agustus 2024 untuk mengawal proses pendaftaran bakal pasangan calon," jelas AKBP Adhitya.

Lebih lanjut, AKBP Adhitya menyampaikan bahwa Polresta Malang Kota juga telah melaksanakan langkah-langkah antisipasi melalui Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), yang dipadukan dengan masukan dari Komisi A DPRD Jatim.

"Masukan dari Komisi A akan kami jadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas ke depannya," ujarnya.

Dalam rapat koordinasi yang berlangsung di Aula Sanika Satyawada Polresta Malang Kota tersebut, turut hadir Ketua KPU Kota Malang, dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Malang.

Kunjungan Komisi A DPRD Jatim ini juga menjadi bagian dari rangkaian pemantauan di sejumlah daerah di Jawa Timur, termasuk Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan. (*)

*Peringati Hari Jadi ke -76 Polwan Polres Jember Salurkan Bantuan Sosial di TPA*

JEMBER – Masih dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia ke-76, Polwan Polres Jember kembali menggelar kegiatan bhakti sosial.

Kali ini kegiatan Baksos tersebut berlangsung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, yang diikuti oleh sejumlah Polwan senior serta seluruh anggota Polwan Polres Jember.

Sebanyak 100 paket sembako yang terdiri dari beras dan minyak goreng dibagikan kepada para pemulung dan pemerhati sampah yang sehari-harinya beraktivitas di TPA Pakusari.

Kapolres Jember AKBP Bayu Pratama Gubunagi, melalui Kabag SDM Kompol Nurmala selaku Polwan senior menyampaikan bahwa bhakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan ke-76. 

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polwan Polres Jember terhadap masyarakat, khususnya mereka yang bekerja di sektor informal seperti pemulung dan pemerhati sampah,”ungkap Kompol Nurmala,Kamis (29/8).

Melalui kegiatan ini kata Kompol Nurmala, Polwan Polres Jember ingin memberikan penghargaan dan perhatian kepada mereka yang telah berjasa menjaga kebersihan lingkungan di sekitar TPA.

“Di hari Jadi Polwan ke -76 ini kami ingin berbagi dengan warga yang setiap harinya berkativitas di TPA mengelola sampah,”pungkasnya.

Selain itu lanjut Kompol Nurmala, kegiatannya ini merupakan salah satu bentuk nyata dari semangat kepedulian Polwan Polres Jember terhadap masyarakat.

Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan Polwan tidak hanya dikenal sebagai penegak hukum, tetapi juga sebagai bagian dari masyarakat yang peduli dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Kegiatan bhakti sosial ini mendapat sambutan hangat dari para pekerja didalam TPA yang menerima bantuan. 

Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya pembagian sembako ini, terutama di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit.

Tidak hanya itu, para Polwan pun berinteraksi langsung dengan masyarakat, memberikan pesan-pesan agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. (*)

*Keberhasilan Pelayanan Publik Polrestabes Surabaya Jadi Percontohan*

diSURABAYA  - Polda Aceh dan Polda Papua melakukan kunjungan study banding zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta peningkatan kualitas pelayanan di Polrestabes Surabaya, Kamis 29/08/2024.

Rombongan Polda Aceh dan Polda Papua disambut langsung oleh Kabag Ren Polrestabes Surabaya, AKBP Darti Setiyowati, S.Sos., M.Si., dan sejumlah PJU Polrestabes Surabaya. 

Di Polrestabes Surabaya, rombongan dari Polda Aceh dan Polda Papua juga meninjau galeri museum hidup yang ada di Polrestabes Surabaya.

Kabag RBP Biro Rena Polda Aceh, AKBP Bramanti Agus Suyono mengatakan, kegiatan study banding ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan public (Yanpublik) Polri. 

“Kami dari Polda Aceh beserta jajaran bersama Polda Papua juga melaksanakan study banding di Polrestabes Surabaya ini untuk peningkatan Yanpublik di tempat kami,”ujar AKBP Bramanti di sela kunjungannya di Mapolrestabes Surabaya,Kamis (29/8).

AKBP Bramanti  mengungkapkan bahwa saat ini Polrestabes Surabaya terus berinovasi dalam peningkatan pelayanan kepada Masyarakat sehingga seringkali mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pimpinan. 

“Itu sebabnya kami perlu gali dan ketahui bersama secara langsung apa yang perlu dievaluasi maupun perbaikan pelayanan public di tempat tugas kami,”terang AKBP Bramanti.

Kabag RBP Biro Rena Polda Aceh ini juga mengatakan dari apa yang didapat selama study banding di wilayah Polda Jawa Timur, akan diakomudir selanjutnya untuk evaluasi.

Sementara itu Kabagren Polrestabes Surabaya AKBP Darti Setyowati menyampaikan bahwa study banding oleh Polda Aceh dan Polda Papua kali ini merupakan kesempatan untuk saling memperbaiki terobosan dan kualitas pelayanan public di lingkungan Polri.

“Dengan kegiatan ini kami bisa tukar menukar wawasan dan terobosan pelayanan public untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat demi mewujdukan Polri yang Presisi,”pungkasnya. (*_)

*Polresta Banyuwangi Pertebal Pengamanan Pelabuhan Jelang HLF MSP dan IAF 2024 di Bali*

BANYUWANGI -  Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si diwakili Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol. Puji Santosa beserta PJU Polda Jatim didampingi Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono, mengecek kesiapan pengamanan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (29/08/2024).

Pengamanan di jalur pintu keluar masuk Pulau Bali dari Jawa Timur itu dilakukan dalam rangka Pengamanan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 2024 dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi-pihak (High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnerships) yang akan digelar di Bali pada tanggal 1-5 September 2024.

Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol. Puji Santosa  usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan mengatakan, ASDP Ketapang Banyuwangi menjadi akses utama masuk menuju Bali.

Oleh karena itu lanjut Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol. Puji Santosa, Polda Jatim melalui Polresta Banyuwangi akan memberlakukan pengetatan di wilayah tersebut.

Masih menurut Kombes Pol. Puji Santosa, HLF MSP dan IAF 2024 diberlakukan pengamanan ketat karena menyangkut prestisius negara yang dipercaya menjadi tuan rumah.

“Tadi sudah kami cek mulai dari personel saat apel gelar tadi kemuadian Lokasi – Lokasi yang perlu diatensi khusus pengamanannya,”kata Kombes Puji didampingi Kapolresta Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang.

Sementara itu, Dirsamapta Polda Jatim, Kombes Pol. Budi Karyono, S.H selaku Kasatgas Ops Puri Agung II 2024 mengatakan Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dengan matang melalui Operasi Puri Agung II 2024.

Pada operasi ini kata Kombes Pol. Budi Karyono, Polri akan fokus pada setiap aspek yang diperlukan.

"Polri telah melaksanakan peninjauan menyeluruh dengan memeriksa infrastruktur keamanan di pelabuhan serta menyusun langkah-langkah pengamanan yang diperlukan," terang Kombes Pol. Budi.

Dirsamapta Polda Jatim ini juga mengatakan, untuk menunjang system pengamanan, sejumlah kamera CCTV yang disebar di sekitar Pelabuhan Ketapang juga telang terpasang.

“Lebih kurang 267 personel dari Satuan Tugas Wilayah Jawa Timur disiapkan untuk pengamanan pintu masuk ke Bali melalui Jawa Timur, khususnya Banyuwangi,” pungkas

*Polres Sampang Optimalkan Cooling System Untuk Harkamtibmas Pilkada 2024*

SAMPANG – Menjelang pelaksanaan pentahapan kampanye dan hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 27 Nopember 2024, Kapolres Sampang AKBP Hendro Sukmono memasifkan kegiatan silaturahmi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sampang.

AKBP Hendro Sukmono di dampingi Wakapolres Sampang Kompol Hosna Nurhidayah serta PJU Polres Sampang laksanakan kunjungan kerja di Kecamatan Kedundung.

Kedatangan AKBP Hendro Sukmono di sambut Forkopimcam Kedundung, anggota DPRD Sampang Dapil 2, Kepala Puskesmas Kedundung, para Kepala desa, Penyelenggara Pilkada (PPK / Panwascam), tokoh ulama serta tokoh masyarakat Kecamatan Kedundung Kabupaten Sampang.

Di awal sambutannya AKBP Hendro Sukmono menyatakan siap bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan Kamtibmas yang aman kondusif di Kabupaten Sampang.

Kapolres Sampang juga menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya di wilayah Kecamatan Kedundung sebagai upaya Cooling system untuk Harkamtibmas menjelang Pilkada.

Selain itu silaturahmi ini juga sebagai tindak lanjut pimpinan Polri dalam membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa.

“Saya mengajak semua elemen Masyarakat mengantisipasi berbagai pola resensi polarisasi seperti isu-isu hoax, SARA, politik identitas, propaganda black campaign, serta isu negatif lainnya,”ujar AKBP Hendro,Kamis (29/8).

AKBP Hendro Sukmono menjelaskan pihaknya selain menyampaikan himbauan atau pesan-pesan Kepolisian, juga siap menerima kritik saran dan masukkan terkait pelayanan Kepolisian.

“Apapun keluhan,usul, saran dan kritik dari Masyarakat yang sifatnya membangun tetap akan kami atensi,”kata AKBP Hendro.

Kapolres Sampang juga mengajak seluruh Forkopimcam Kedundung dan seluruh undangan yang hadir untuk lebih bersinergi dengan Polri dalam menciptakan dan memelihara Kamtibmas (Harkamtibmas).

“Kondisi yang aman, damai serta kondusif baik sebelum, pada saat, dan setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah tentu yang kita inginkan bersama,”ujar AKBP Hendro.

Menjawab pertanyaan KH. Abd. Rouf Al-Hitami selaku tokoh ulama Kecamatan Kedundung terkait netralitas penyelenggara Pilkada, AKBP Hendro Sukmono dengan tegas mengatakan bahwa TNI-Polri bersikap netral.

“Kami TNI Polri komitmen menjaga netralitas dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas terkait pengamanan Pilkada,”tegas AKBP Hendro.

Ia juga menerangkan bahwa tugas Polri sebagaimana di maksud dalam pasal 13 UU No. 2 tahun 2002 adalah memelihara Kamtibmas, penegakan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Khoirul Umam selaku tokoh pemuda dari Desa Batuporo Barat Kecamatan Kedundung menyampaikan apresiasi kepada jajaran Polsek Kedundung dan Koramil Kedundung.

Ia mengatakan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa sering melaksanakan patroli dan mengunjungi masyarakat di desanya sehingga situasi Kamtibmas sampai saat ini dalam aman kondusif.

Tokoh pemuda tersebut juga melaporkan kepada Kapolres Sampang AKBP Hendro Sukmono bahwa dengan sinergitas Forkopimcam, 3 Pilar desa dengan masyarakat yang terjalin dengan baik, sehingga Desa Batuporo Barat bisa mendapatkan juara 3 dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 dari Forkopimda Provinsi Jawa Timur.

Sebelum mengakhiri kunjungan kerjanya, AKBP Hendro Sukmono memerintahkan Kapolsek Kedundung untuk lebih meningkatkan sinergitas dengan Forkopimcam dan terus memasifkan kegiatan Cooling system.

“Ini sebagai upaya Preemtif dan Preventif dengan menyambangi seluruh elemen masyarakat guna membuka komunikasi dua arah dalam Harkamtibmas,”ujarnya.

Kapolres Sampang AKBP Hendro Sukmono juga meminta tokoh ulama yang hadir untuk memimpin doa agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah khususnya di Kabupaten Sampang berjalan dengan aman, damai, sejuk dan kondusif. (*)

Rabu, 28 Agustus 2024

*Karoops Polda Jatim Pimpin Apel Gelar Pasukan di Pelabuhan Ketapang Pastikan Kesiapan Pengamanan KTT IAF II 2024 dan HLF-MSP*

BANYUWANGI  - Penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali, tanggal 1-5 September 2024 mendatang juga menjadi perhatian khusus jajaran Polda Jawa Timur.

Dengan melibatkan personel gabungan, Polda Jatim melaksanakan imbangan gelaran pengamanan melalui operasi dengan sandi Operasi Puri Agung II 2024 yang juga digelar Polda Bali tersebut.

Salah satu kesiapan yang dilakukan oleh Polda Jawa Timur adalah dengan menggelar Apel Pasukan yang melibatkan ratusan personel Polresta Banyuwangi, TNI dan instansi samping dari Kabupaten Banyuwangi. 

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jatim, Kombes Pol Puji Santosa  saat memimpin Apel Kesiapan di ASDP Ketapang Banyuwangi mengatakan, apel gelar pasukan ini adalah untuk memastikan kesiapan pengamanan KTT di Bali.

“Sesuai amanat dari Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, saya sampaikan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk segera melaksanakan tugas sesuai dengan jukrah pimpinan,”ujar Kombes Pol Puji di Banyuwangi, Kamis (29/8).

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryoko mengatakan bahwa Personel Banyuwangi akan dikerahkan dalam pengamanan ini.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang mengatakan Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan pulau Bali dan merupakan daerah penyangga, maka diperlukan metode dan cara khusus dalam pengamanannya.

“Yang pasti kami akan melaksanakan tugas pengamanan sebagai imbangan untuk mendukung operasi Puri Agung II 2024 yang dilaksanakan oleh Polda Bali sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan,” terang Kombes Pol Nanang.

Dalam pengamanan event ini Polresta Banyuwangi mengerahkan ratusan personel gabungan bersama TNI dan stakeholder yang ada. 

Lebih Lanjut Kapolresta Banyuwangi mengatakan bahwa pelibatan satuan wilayah (Satwil) dalam pengamanan ini dikarenakan Banyuwangi yang beririsan langsung dengan Bali sebagai daerah yang menjadi venue utama.

“Wilayah kita di Banyuwangi ini merupakan salah satu pintu keluar masuk Bali, jadi kita akan pertebal pengamanan untuk antisipasi,” tambah Kombes Nanang.

Oleh karenanya tanggung jawab yang sangat besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya KTT di Bali, personel gabungan Polresta Banyuwangi akan disebar di beberapa titik yang menjadi pintu keluar masuk Pulau Bali.

"Optimis mewujudkan Event KTT yang aman dan kondusif, diharapkan pelaksanaan Operasi Puri Agung II 2024 di Bali akan berlangsung sukses,"pungkas Kombes Nanang.

Untuk diketahui, dalam Gelaran Apel Pasukan tersebut melibatkan 276 personel  yang meliputi dari Polri, TNI dan stage holder lainnya.

Apel juga dihadiri oleh Pejabat utama Polda Jatim, Forkopimda,Kapolres Rayon 3 (Situbondo, Bondowoso dan Jember) serta Kapolsek jajaran Polresta Banyuwangi. 

Dalam gelaran Apel tersebut digelarkan kendaraan dan peralatan pendukung sebagai tanda dimulainya kegiatan Operasi Puri Agung II 2024.

*Polwan Edukasi Pelajar di Probolinggo Dorong Wujudkan Generasi Muda Bermartabat*

PROBOLINGGO,- Permasalahan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah baik itu terkait perundungan ataupun kenakalan remaja lainya, telah menjadi atensi pihak Kepolisian di Jawa Timur.

Seperti halnya dilakukan oleh Polres Probolinggo yang merupakan jajaran Polda Jatim ini dengan menggelar program Goes To School.

Bertepatan menyambut Hari Jadi Polwan Ke-76, Polres Probolinggo sengaja mengerahkan para Polisi Wanita ( Polwan ) untuk blusukan ke sekolah – sekolah yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolres Probolinggo,AKBP Wisnu Wardana di Mapolres Probolinggo, Rabu (28/8).

Menurut AKBP Wisnu Wardana, melalui program Goes To School itu, para Polwan memberikan edukasi kepada para pelajar mulai dari soal bijak bermedia sosial, tertib berlalulintas, menjauhi Narkoba hingga tidak melakukan aksi bullying. 

Kegiatan Polwan Goes to School ini lanjut AKBP Wisnu Wardana juga sebagai salah satu bagian kepedulian Polres Probolinggo Polda Jatim dalam membantu dan mendorong Lembaga pendidikan mewujudkan generasi bangsa Indonesia yang berkarakter dan bermartabat.

“Kita kerahkan Polwan untuk giat ini karena kebetulan saat ini kita sedang dalam menyambut hari jadi Polwan ke – 76,” kata AKBP Wisnu Wardana.

Sementara itu senior Polwan Polres Probolinggo AKP Rini Ifo Nila mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan edukasi kepada para pelajar ini dengan tujuan menanamkan kebaikan sejak dini pada diri pribadi para pelajar.

“Intinya kami ingin membangun sumber daya manusia di kalangan pelajar ini untuk menjauhkan adik – adik pelajar dari kenakalan remaja bahkan dari keterlibatan dengan hukum,” ujar AKP Nila, Rabu (28/8).

Selain itu tim Goes To School yang terdiri dari para Polisi Wanita juga memberikan kesempatan para pelajar untuk mengadu atau curhat terkait persoalan yang ada baik di rumah maupun di sekolah.

“Keluhan dari adik – adik pelajar kita dengarkan, kita tampung dan kita carikan Solusi agar permasalahan tidak berkelanjutan yang ujungnya bisa menjadi hal buruk,”kata AKP Nila.

Masih kata AKP Nila, pada kegiatan tersebut juga disampaikan materi terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) agar para pelajar juga memahami.

Lebih lanjut AKP Nila menghimbau kepada para pelajar agar tidak mempromosikan judi online di media sosial sebab itu melanggar hukum. 

Untuk menghindari pemerasan dengan modus video call sex (VCS), para pelajar dihimbau tidak melakukan VCS dengan siapapun, apalagi dengan orang yang baru dikenal di media sosial.

“Apabila menjadi korban pemerasan jangan takut untuk melapor kepada kami agar dapat segera ditindaklanjuti," pungkas AKP Nila.

Dikesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Leces, Novita Hernawati,S.Si sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Probolinggo ini.

Menurutnya kegiatan goes to school oleh Polwan Polres Probolinggo adalah bukti bahwa Kepolisian sangat memperhatikan apa yang menjadi permasalahan di lingkungan Lembaga Pendidikan khususnya yang menyentuh hukum.

“Siswa siswi sekarang sudah mengerti apa itu bijak dalam bermedia sosial dan anti bullying, bahaya narkoba dan pelanggaran hukum lainnya,”ujar Novita Hernawati,S.Si.

Oleh karena itu pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Polres Probolinggo yang telah memberikan materi tambahan kepada anak didiknya.

“Ini sangat membantu kami dalam mewujudkan generasi muda yang cerdas, berkarakter dan bermartabat, “pungkasnya. (*)

*Polisi Pertebal Pengamanan di Kantor KPU, Pendaftaran Paslon Pilkada di Tulungagung Berlangsung Kondusif*

TULUNGAGUNG – Polres Tulungagung Polda Jatim menyiagakan puluhan personel untuk pengamanan di Kantor KPU Kabupaten Tulungagung pada masa tahapan pendaftaran Paslon Cabup – Cawabup.

Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi melalui Kasihumas Polres Tulungagung Iptu Mujiatno mengatakan, pengamanan dilakukan ekstra dengan system terbuka dan tertutup.

Iptu Mujiatno mengatakan mengatakan, untuk pengamanan tersebut pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi selain dengan menurunkan sejumlah personel.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran para Paslon dalam mendaftar di kantor KPU Kabupaten Tulungagung, Polres Tulungagung sebelumnya juga sudah melakukan sterilisasi.

“Sterilisasi sudah kita lakukan sebelumnya untuk menjamin system keamanan dan kelancaran tahapan pendaftara Paslon peserta Pilkada 2024 ini,”kata Iptu Mujiatno, Rabu (28/8).

Selain pengamanan di Kantor KPU, Polres Tulungagung juga melakukan pengawalan paslon dan pendukungnya pada saat menuju dan pulang dari Kantor KPU.

Seperti diketahui pada hari kedua pendaftaran, pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung  Gatut Sunu Wibowo dan Ahmad Baharudin (GABAH) mendatangi kantor KPU Kabupaten Tulungagung.

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tulungagung  Gatut Sunu Wibowo dan Ahmad Baharudin hadir di kantor KPU Kabupaten Tulungagung diiringi musik rebana diantar oleh ratusan simpatisan dari partai pengusung yaitu Golkar, Gerindra, PKS, Perindo, Ummat, PKN dan Partai Garuda.

Dengan pengamanan dan pengawalan yang ketat dari Polres Tulungagung, kegiatan pendaftaran Paslon tersebut berjalan aman, lancar dan kondusif. (*)

*Humanis Polisi Berbagi Air Mineral Untuk Peserta Unras di Situbondo*

SITUBONDO – Ada pemandangan menarik saat aksi unjuk rasa di depan Kantor Kecamatan Arjasa yang melibatkan puluhan ribu massa aksi.

Pemandangan itu sempat terekam kamera, dimana saat ketegangan yang terjadi antara aparat keamanan dan massa aksi, Polres Situbondo menunjukkan sikap humanisnya.

Kepedulian dari personel yang melakukan pengamanan kala itu membawa kotak berisi air mineral yang kemudian dibagikan kepada peserta unjuk rasa ( Unras ).

Kapolres Situbondo AKBP Rezi Darmawan, S.I.K, M.I.K, menyampaikan bahwa aksi itu merupakan bagian dari upaya Polri untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Ia juga mengatakan, bahwa Polri hadir tidak hanya untuk mengamankan, tetapi juga untuk melayani dan melindungi masyarakat, termasuk dalam situasi demonstrasi.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Polri selalu mengedepankan pendekatan humanis dan air minum yang kami berikan ini sebagai bentuk perhatian kami kepada masyarakat yang tengah menyampaikan aspirasinya,” ujar AKBP Rezi Darmawan, Kamis (29/8).

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo AKBP Rezi Darmawan mengungkapkan pembagian air minum ini disambut baik oleh peserta aksi unjuk rasa. 

Meski situasi sempat memanas, aksi tersebut bisa menciptakan suasana yang lebih sejuk. 

Beberapa peserta aksi unras juga mengapresiasi langkah Polres Situbondo yang membagikan air minum, yang menurut mereka merupakan wujud sikap yang menghargai aspirasi masyarakat.

Aksi berbagi air minum ini menjadi salah satu upaya Polres Situbondo untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan masyarakat, sekaligus meredakan tensi dalam aksi unjuk rasa. 

"Kepolisian berupaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama aksi berlangsung, serta memastikan hak-hak masyarakat dalam menyampaikan pendapatnya" pungkas AKBP Rezi Darmawan.

Seperti diketahui, Puluhan Ribu Warga Situbondo yang tergabung dalam Ikatan Masyarakat Situbondo Anti Korupsi (IMSAK) padati jalan raya Pantura, tepatnya di halaman Kantor Kecamatan Arjasa, Senin 26 Agustus 2024 yang lalu.

Puluhan Ribu massa aksi itu berunjuk rasa mendesak KPK tangkap Bupati Situbondo, Karna Siswandi.

"Tangkap Bupati Situbondo, Tangkap Bung Karna," kata orator dari atas mobil komando.

Seorang peserta aksi dari Kalibagor, Dedi mengatakan peserta aksi diperkirakan mencapai 10 ribu.
"10 ribu ada ini Mas, kita mendesak Bupati Situbondo Karna Siswandi ditangkap," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar surat KPK tetapkan Karna Siswandi sebagai tersangka dugaan kasus korupsi pemberian hadiah atau gratifikasi. (*)

*Polres Bojonegoro Raih Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik*

BOJONEGORO  -  Polres Bojonegoro Polda jatim berhasil meraih penghargaan peringkat ke III dalam capaian kinerja pelaksanaan anggaran terbaik dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPBN)  Provinsi (Prov)  Jawa Timur (Jatim). 

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah DJPBN Prov Jatim, Didyk Choiroel kepada Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, SH, SIK, M.Si dalam kegiatan Rakor Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Se Jawa Timur di Graha Samudra Bumi Moro Kodiklatal Surabaya, Selasa (27/8/2024).

Terpisah, Kapolres Bojonegoro mengatakan penghargaan ini merupakan bukti hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas seluruh personel Polres Bojonegoro.

Hal itu dinyatakan atas tingginya serapan, tertib administrasi serta transparansi dalam pengelolaan anggaran yang diberikan negara. 

Selain itu juga berkat kerjasama dan kolaborasi dari Bagian Perencanaan (Bag Ren) dengan Seksi Keuangan (Sikeu) dalam pelaporan secara online ke Kementerian Keuangan Republik Indonesia sehingga penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Polres Bojonegoro baik.

Kapolres Bojonegoro mengatakan Penghargaan tersebut untuk kategori satuan kerja (Satker) dengan pagu Dipa Besar. 

“Tentunya hal ini menjadi penyemangat kami untuk ke depannya dalam melaksanakan penyerapan anggaran dalam mendukung pelaksanaan tugas dapat lebih optimal, tepat sasaran dan transparan,” ungkap AKBP Mario Prahatinto.

Pihaknya juga mengingatkan kembali bahwa anggaran yang disediakan oleh negara yang harus dipertanggungjawabkan dan digunakan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat luas demi terciptanya Kamtibmas aman dan kondusif.

"Dengan anggaran yang disediakan oleh negara harapannya kinerja anggota Polres Bojonegoro semakin meningkat dan muaranya adalah terjaminnya Kamtibmas aman dan kondusif,” pungkasnya. (*)

*Peringati HKGB ke – 72 dan HUT Polwan ke -76, Polda Jatim Gelar Sarasehan*

SURABAYA – Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-72 tahun, Pengurus Daerah Bhayangkari Jawa Timur menggelar sarasehan, Rabu (28/8/2024).

Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Mahameru Mapolda Jatim sekaligus memperingati hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke – 76.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, didampingi Ny. Ade Imam Sugianto ketua Bhayangkari Daerah Jatim, dan Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, serta Bhayangkari Daerah Jatim dan 380 Polwan Polda Jatim.

Selain itu, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh Polwan di jajaran Polda Jatim. 

Ketua Bhayangkari Daerah Jatim, Ny. Ade Imam Sugianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjaring dan mendengarkan keluhan serta aspirasi dari para Polwan jajaran Polda Jatim. 

"Alhamdulillah yang hadir 380 bisa banyak, kegiatan ini kita laksanakan untuk mendengarkan curhatannya Polwan," ucap Ny. Ade Imam Sugianto dalam sambutannya. 

Ketua PD Bhayangkari Jatim yang juga istri Kapolda Jatim tersebut berharap untuk para Polwan yang muda-muda tidak takut menyampaikan masalahnya pada forum yang digelar saat ini.

“Silahkan disampaikan barangkali ada keluhan,usul dan saran, tapi tetap ada koridor yang harus kita jaga," ungkap Ny. Ade Imam Sugianto.

Sementara itu Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto mengucapkan selamat ulang tahun yang ke -76 kepada Polwan di seluruh Indonesia pada umumnya dan kepada Polwan Polda Jatim pada khususnya.

"Teruslah berkarya untuk negeri dan berikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, serta dapat terus berkontribusi dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian,"tutur Irjen Imam Sugianto.

Selain itu Kapolda Jatim juga menyampaikan selamat HKGB yang ke-72, semoga Bhayangkari.

Sebagai pendamping anggota Polri diharapkan Bhayangkari dapat berperan aktif dalam mendukung tugas pokok fungsi Polri di berbagai hal yang berkaitan dengan kedinasan maupun urusan non kedinasan.

Menurut Kapolda Jatim, kesuksesan Polri tidak akan lepas dari peran Bhayangkari sebagai pendamping yang menjadi suport system.

Lebih lanjut, Irjen Pol Imam Sugianto dalam sambutannya juga menyampaikan penekanan, diantaranya agar dapat menjaga harkat, martabat dan marwah sebagai perempuan anggota Polri.

Peran ganda sebagai Polwan dan Ibu rumah tangga harus dijalankan dengan baik, seimbang profesional dan proporsional.

Kapolda Jatim menegaskan, kepatuhan terhadap semua aturan harus dijunjung tinggi, dengan selalu berpedoman dan melaksanakan ketentuan yang ada.

“Tingkatkan keimanan dan ketakwaan melalui ibadah serta jaga moralitas dan integritas dalam setiap tindakan,”tutur Irjen Imam Sugianto.

Kapolda Jatim menghimbau agar hubungan vertikal dengan atasan dan horizontal dengan rekan kerja harus selalu dijaga dengan baik.

“Tingkatkan kompetensi melalui pendidikan, pelatihan, coaching, dan mentoring,”tegasnya.

Selain itu Kapolda Jatim Jatim juga menekankan agar komunikasi yang baik dengan senyum, sapa dan salam, perlu dibangun dilingkungan kerja.

“Polwan senior diharapkan untuk saling asah, asih dan asuh dengan junior, beroeran sebagai mentor dan konselor, guna meningkatkan kepedulian dan keharmonisan dalam menjalankan tugas bersama,”pungkasnya. (*)

Strategi Polri Sukseskan Penyelenggaraan KTT IAF ke-2 di Bali

Polri menggelar Operasi Puri Agung II dalam rangka pengamanan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum on Multi Stekholders Pertnership (HLF MSP) tahun 2024 yang digelar pada 1-3 September 2024 di Bali.

Pada hari ini, Operasi Puri Agung II menggelar Tactical Floor Game (TFG) yang dipimpin langsung Kaops Puri Agung II yaitu Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Fadil mengatakan, tujuan TFG untuk menyamakan pola tindak strategi dan aplikasinya di lapangan agar manajemen operasi bisa berjalan sesuai rencana Operasi Puri Agung 2024 menghadapi KTT IAF. 

"Hari ini kami memasuki tahapan TFG yang menghadirkan semua unsur pengamanan. Tujuan TFG untuk menyamakan pola tindak strategi dan aplikasinya di lapangan agar manajemen operasi betul-betul bisa berjalan sesuai apa yang sudah dibuat rencana Operasi Puri Agung 2024 menghadapi KTT Indonesia Afrika Forum," kata Fadil di Bali, Rabu (28/8/2024).

Fadil menjelaskan, dalam Operasi Puri Agung menggunakan strategi sinergi baik internal dan eksternal bersama TNI, Paspampres dan segenap elemen terkait seperti pemda dan masyarakat. Hal ini dilakukan agar kegiatan IAF bisa berjalan sukses dan lancar serta menghasilkan menguntungkan kedua pihak.

"Dalam operasi ini strategi preventif tetap dikedepankan, strategi komunikasi dikedepankan disamping kita mempersiapkan satgas penegakan hukum sebagai yang terakhir apabila terjadi gangguan yang dipandang perlu untuk melakukan penegakan hukum," katanya.

Dalam kesempatan ini, mantan Kapolda Metro Jaya ini mengajak segenap masyarakat khususnya masyarakat kota Denpasar dan Bali pada umumnya untuk bersama sama menyukseskan jalannya IAF mulai dari tanggal 1-3 September.

"Polri akan mengamankan penyelenggaraan KTT IAF ke-2 dan HLF MSP 2024 dengan aman, lancar, dan kondusif," katanya.

.Tiga Perampok Mobil Pengakut Uang Rp5,6 Miliar di Padang Ditangkap, Ini Motifnya

JAKARTA - Polri melalui Polda Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menangkap tiga pelaku kasus perampokan mobil jasa pengisi ATM yang membawa uang Rp5,6 miliar di Kota Padang Pariaman, Selasa (27/8/2024). Dua dari tiga tersangka merupakan oknum anggota kepolisian.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, dua oknum anggota polisi yang terlibat perampokan berinisial NPP (29) dan MSA (21). Sementara satu orang lainnya HS (38) merupakan warga Kecamatan Naggalo, Kota Padang. 

"Pelaku HS ditangkap di kediaman orang tuanya pukul 20.00 WIB Bersama barang bukti. Sementara dua oknum anggota polisi yang terlibat menyerahkan diri ke Polda Sumbar pukul 22.00 WIB," kata Erdi dalam keterangannya, Rabu (28/8).

Erdi membeberkan kronologi perampokan berawal ketika saksi anggota polisi Bripda Steven yang mengawal jasa pengiriman uang mendapat telepon dari pelaku mengaku Bernama Iptu Hendra pada Senin (26/8) sekitar pukul 23.00 WIB. Mobil Grandmax yang dikawal saksi membawa uang Rp5,6 miliar kemudian berhenti di Jalan Raya Bypass Padang Pariaman tepatnya dekat PT Jaya Sentrikon, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Para pelaku kemudian mendatangi saksi Steven dan melakukan penodongan kemudian membawa kabur tujuh yang berisi uang Rp2.725.000.000 (2,7 miliar)," ungkapnya.

Aksi perampokan tersebut lanjut Erdi, dilaporkan ke Polres Padang Pariaman. Setelah melakukan pengumpulan bahan dan keterangan dari saksi-saksi, polisi kemudian melakukan pemburuan terhadap pelaku yang sudah diketahui identitasnya. 

Polisi berhasil mengendus keberadaan HS di kediamannya. Namun saat dilakukan penggeberebekan tersangka tidak ada di lokasi. Tim juga berhasil menemukan mobil Daihatsu Terrios yang digunakan dalam melancarkan aksinya.

Tak menyerah begitu saja, Erdi mengatakan, Tim Opsnal kemudian mendatangi rumah orang tua HS yang berlokasi di Sungai Limau, Padang Pariaman. Setelah dilakukan penggeledahan, polisi menemukan tersangka bersembunyi bersama barang bukti uang hasil rampokannya. "Pelaku HS bersembunyi di rumah orang tuanya bersama barang bukti," ucapnya.

Dari hasil pengungkapan tersebut, polisi juga menyita tiga unit HP pelaku, tiga unit mobil yang digunakan pelaku, satu pasang pelat mobil palsu dan satu bilah pisau.

Terlilit Utang

Tiga pelaku perampokan mobil jasa pengisi ATM yang membawa uang Rp 5,6 miliar nekat melakukan aksinya lantaran terlilit utang. "Motif dari ketiga tersangka melakukan perbuatan pencurian dengan kekerasan karena ketiganya terlilit utang," ungkap Erdi.

Ia juga membeberkan, bahwa tersangka yang merupakan oknum anggota kepolisian juga pernah bekerja untuk  melakukan pengawalan mobil pengisian ATM. "Jadi tersangka ini telah mengetahui situasi dan kondisi dari pada mobil pengisian ATM," tandasnya.

Selasa, 27 Agustus 2024

*Polresta Sidoarjo Tumbuhkan Rasa Peduli di Tengah Patroli*

SIDOARJO - Anggota Sat Samapta Polresta Sidoarjo, melakukan patroli kamtibmas sambil berbagi kepada orang yang membutuhkan bantuan di wilayah Sidoarjo Kota.

Meskipun tengah bertugas, anggota polisi di Sidoarjo menggiatkan peduli sosial dengan berbagi ke warga yang membutuhkan melalui program 'Samapta Delta Peduli'. 

Mereka membagikan makanan dan minuman ke kaum dhuafa, tukang becak dan driver ojek online yang dijumpai saat berpatroli.

Kasat Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo menjelaskan, untuk membangun rasa kepedulian anggotanya, Sat Samapta menebar kebaikan sembari berpatroli kamtibmas.

"Setiap Rabu dan Jumat, kami tekankan pada anggota Sat Samapta Polresta Sidoarjo sebagai wujud rasa syukur untuk menyisihkan rizki yang ada,”ungkap Kompol Warih, Rabu ( 28/8).

Dari iuran para anggota yang telah dikumpulkan itu akan dirupakan makanan untuk diberikan kepada kaum dhuafa yang ditemui anggota Samapta saat melakukan patroli kamtibmas di jalan.

“Kami jadikan pelaksanaan tugas kami ini sebagai ladang ibadah,”pungkasnya. (*)

*Sambut Hari Jadi ke-76, Polwan Polres Pamekasan Gelar Kerja Bakti Religi dan Bakti Sosial*

PAMEKASAN – Polisi Wanita (Polwan) Polres Pamekasan kembaali menggelar kerja bakti religi dan bakti sosial ke sejumlah tempat ibadah.

Ha itu dilakukan oleh para Srikandi Bhayangkara Polres Pamekasan dalam menyambut hari jadi Polwan ke-76.

Pakor Polwan Polres Pamekasan, AKBP Hj. Siti Maryatun mengatakan, dalam rangka menyambut HUT Polwan ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 September tahun ini, Polwan Polres Pamekasan mengisi kegiatannya dengan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Kerja bakti dan bakti Sosial ini rangkaian kegiatan jelang HUT Polwan ke-76. Ini merupakan bentuk kepedulian Polri khususnya Polwan terhadap rumah ibadah,” kata AKBP Hj. Siti Maryatun.

Untuk di Polres Pamekasan kerja bakti religi dan bakti Sosial dilakukan di Masjid An-Nur Kolpajung, Pamekasan.

Menurut AKBP Hj. Siti Maryatun kerja bakti tersebut sebagai wujud kepedulian Polri khususnya Polwan terhadap kebersihan rumah Ibadah.

"Ini merupakan bentuk kepedulian Polri khususnya Polwan terhadap kebersihan rumah ibadah,” ujarnya.

Pihaknya berharap melalui kerja bakti ini semangat loyalitas serta solidaritas Polri semakin tinggi demi mewujudkan Polri yang Presisi.

“Juga untuk memupuk kekompakan dan kebersamaan Polwan Polres Pamekasan dengan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih,” ungkapnya.

Usai kegiatan bersih-bersih, perwakilan Polwan Polres Pamekasan secara simbolis memberikan bantuan sembako kepada pengurus Masjid.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian Polres Pamekasan khususnya Polwan Polres Pamekasan dalam rangka menyambut HUT Polwan Ke-76. (*)

*Kapolres Lamongan Beri Motivasi Anggota Polri Tetap Produktif Pada Masa Purna Tugas*

LAMONGAN - Kapolres Lamongan mendorong anggota Polri mempersiapkan masa pensiun dengan produktif. Harapannya, bisa dimanfaatkan mengisi waktu luang.

Dorongan Kapolres Lamongan AKBP Bobby A Condroputra ini diutarakan saat menghadiri pembekalan dan pelatihan keterampilan bagi Pegawai Negeri Polri yang memasuki masa purna tugas, Selasa (27/8/2024).

"Berbekal ketrampilan akan bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang dan menjalani pensiun dengan produktif," kata Bobby dalam sambutannya di Hotel Grand Mahkota Lamongan, Selasa (27/8/2024)

Dia mengungkapkan harapannya agar pelatihan ini memberikan manfaat yang nyata, terutama bagi para anggota yang akan segera memasuki masa pensiun. 

Pihaknya juga menekankan pentingnya mempersiapkan diri untuk masa purna tugas dengan keterampilan yang dapat digunakan untuk berwirausaha.

"Mempersiapkan diri untuk masa purna tugas dengan keterampilan ini penting karena bisa digunakan untuk berwirausaha," ujarnya

Selama acara, peserta diberi motivasi dari Alvico Ibnugroho, yang membahas berbagai peluang wirausaha yang bisa ditekuni setelah pensiun. 

Acara juga diisi dengan penyerahan plakat dari BTPN kepada Kapolres Lamongan sebagai simbol kerja sama yang baik antara kedua pihak.

Kegiatan ini juga diikuti berbagai Polres Jajaran Polda Jatim, termasuk Polrestabes Surabaya, Polres Tanjungperak, Polres Gresik, Polres Lamongan, Polres Bojonegoro, Polres Tuban, Polres Bangkalan, Polres Sampang, Polres Pamekasan, Polres Sumenep, serta RSB Wahyu Tetuko Bojonegoro.

Kegiatan ini juga dihadiri Kabag Watpers Ro SDM Polda Jatim, AKBP Mochamad Nur Azis, beserta tim Latram Polda Jatim, serta perwakilan dari berbagai Polres di wilayah Polda Jatim.

Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Cabang Asabri Surabaya Simon Pujo Semedi dan Kepala Area BTPN Surabaya Ida Ayu Putu Yuliawati, yang memberikan sosialisasi terkait produk dan layanan yang dapat mendukung anggota polri di masa pensiun mereka. (*)

Polri Kerahkan 102 Personel dan Satu Anjing K9 Cari Korban Longsor di Kelurahan Rua, Ternate

Polda Maluku Utara mengerahkan 102 personel dari Direktorat Samapta untuk melakukan kegiatan kemanusiaan membantu masyarakat yang menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor di Kelurahan Rua, Kota Ternate. Selain itu juga menurunkan anjing pelacak dari Tim K9 untuk mencari korban yang masih hilang.

Direktorat Samapta Polda Malut, Kombes Pol Sukron mengatakan akibat bencana alam yang terjadi Minggu (25/8/2024) sekitar pukul 03.30 WIT, telah memakan korban jiwa 19 orang. "Dari laporan dan data terhimpun untuk korban yang sudah teridentifikasi forensik kedokteran Polda Malut ada 16 jenazah," kata Kombes Pol Sukron dalam keterangan, Senin (26/8).

Sukron menerangkan, pengerahan Dalmas dan Subdit Gasum untuk menerima laporan warga yang hilang guna menentukan titik lokasi pencarian. Setelah itu berkoordinasi dengan stakeholder terkait terkait penggunaan alat berat ketika ada hasil pelacakan K9 dalam penggalian.

"Target pelaksanaan giat kemanusiaan untuk menemukan jenazah yang masih terimbun tanah akibat longsor dan banjir bandang," ucapnya.

Lebih lanjut, anggota juga akan mengambil keterangan warga yang selamat. Berdasarkan informasi, masih ada tiga warga yang masih hilang dan belum ditemukan. Sukron mengatakan pihaknya telah mengevakuasi warga dan mengimbau untuk menempati lokasi-lokasi pengungsian yang telah didirikan.

"Pelaksanaan pencarian akan diteruskan besok bersama Tim SAR gabungan dan menurunkan kembali satu ekor anjing pelacak dari K9 Polda Maluku Utara," ujar Sukron.

*Bidhumas Polda Jatim Gelar Sarasehan Bersama Awak Media Perkuat Kemitraan Wujudkan Pilkada Damai*

SIDOARJO - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Jawa Timur, jajaran Kepolisian Polda Jawa Timur terus berupaya untuk menjaga kondusifitas Kamtibmas termasuk pada pelaksanaan tahapan Pilkada tersebut.

Dengan menggelar Operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang menggandeng TNI dan stakeholder yang ada adalah juga salah satu bentuk upaya Polda Jawa Timur dalam menciptakan Pilkada 2024 yang aman dan kondusif.

Kali ini melaluli satuan kerja Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Jawa Timur juga menggelar sarasehan bersama seluruh media yang ada di Jawa Timur. 

Sarasehan yang digelar Bidhumas Polda Jatim ini adalah upaya memperkuat jalinan kemitraan Polda Jawa Timur dengan awak media untuk menjaga opini yang positif demi menjaga kondusifitas Kamtibmas.

Acara yang dikemas dengan Focus Group Discussion (FGD) ini bertajuk Sinergitas Polri dan Awak Media Untuk Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Dalam Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Jatim. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jawa Timur,Kombes Pol Dirmanto mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara road show di beberapa wilayah di Jawa Timur.

“Kami tetap menjaga komunikasi dengan sehingga informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa disampaikan secara cepat dan akurat,”ungkap Kombes Dirmanto.

Kombes Pol Dirmanto juga menyampaikan pentingnya sinergi antara Polri dan awak media dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Jatim.

“Sinergi Polri dan media untuk menjaga kondusifitas kampanye pemilu serentak 2024 itu sangat diperlukan,” ujar Kombes Dirmanto saat membuka kegiatan sarasehan ini di Sidoarjo, Selasa (27/8).

Kombes Pol Dirmanto juga menjelaskan, Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 November mendatang, akan melibatkan pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Jatim serta 38 Pilwali/pilbup di seluruh kabupaten/kota.

“Saat ini, tahapan pendaftaran pasangan calon tengah berlangsung, dengan beberapa daerah sudah mulai mendukung calonnya,” terang Kombes Dirmanto.

Kombes Pol Dirmanto mengingatkan, potensi kerawanan selama tahapan Pilkada tidak menutup kemungkinan dapat terjadi mulai dari pendaftaran calon, kampanye, hingga perhitungan suara.

“Tiap, tahapan pilkada memiliki potensi kerawanan tersendiri seperti gesekan antar pendukung hingga pengumpulan massa,oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak termasuk awak media untuk bersama – sama menjaga situasi tetap kondusifi,” ungkap Kombes Dirmanto.

Kombes Pol Dirmanto mengatakan, kondusifitas Kamtibmas bisa tercipta dengan pemberitaan yang akurat, berimbang, dan dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan undang – undang serta kode etik jurnalistik.

“Peran media sangat vital dalam menjaga demokrasi dan menciptakan rasa aman ditengah masyarakat selama pilkada,”tegas Kombes Pol Dirmanto.

Menutup sambutannya, Kombes Pol Dirmanto menyampaikan harapannya dengan bersinergi bersama seluruh awak media, pemberitaan negative yang dapat menciptakan kegaduhan dapat diredam.

“Harapan kami rekan – rekan media dapat menjadi cooling system sehingga Jawa Timur tetap sejuk, damai dan kondusif,”pungkas Kombes Dirmanto.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan antara pihak kepolisian dan perwakilan media, yang menjadi wujud nyata sinergi antara Polri dan media dalam mengawal Pilkada 2024 agar berlangsung aman dan damai. 

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Polda Jatim dengan para awak media sebagai bentuk komitmen bersama untuk mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Jatim.

Acara ini diikuti oleh Rayon 1 yaitu Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan Polres Gresik dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfi, dan perwakilan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Nur Salam. (*)

*Polres Nganjuk Kembali Raih Peringkat Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester 1 tahun 2024*

NGANJUK - Kapolres Nganjuk AKBP Siswantoro, S. I. K., M.H menerima Piagam Penghargaan dari Direktorat Jendral Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Didyk Choiroel tersebut sebagai penghargaan Peringkat Pertama Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester 1 tahun 2024 kategori Pagu Dipa Besar.

Piagam Penghargaan tersebut diserahkan bersamaan dengan pelaksanaan Rakor Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Seminar, dan Festival UMKM yang diselenggarakan di Graha Samudera Bumimoro KODIKLATAL Surabaya, Selasa (27/8/2024).

AKBP Siswantoro menjelaskan, piagam penghargaan diberikan berdasarkan penilaian terhadap delapan Nilai Indikator Kerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik.

Hal ini merupakan salah satu faktor penilaian dari BPK RI dalam rangka mempertahankan laporan keuangan Polri Semester 1 tahun 2024 untuk mendapat kembali Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Piagam penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Polres Nganjuk dalam mengelola dan melaksanakan anggaran dengan transparan dan akuntabel. 

“Kami selalu berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan memastikan bahwa setiap anggaran yang dialokasikan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” ungkap AKBP Siswantoro. 

Kapolres Nganjuk juga menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, baik dalam hal penegakan hukum maupun pelayanan public.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja kolektif dari seluruh anggota Polres Nganjuk. Bukan hanya sekedar prestasi, tetapi juga tanggung jawab untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Nganjuk, ” pungkasnya. (*)

*Polres Tulungagung Salurkan Bantuan 100 Tangki Air Bersih ke 19 Dusun di 6 Kecamatan*

TULUNGAGUNG – Bentuk kepedulian kepada masyarakat yang saat ini mengalami kekeringan, Polres Tulungagung Salurkan Bantuan 100 Tangki Air Bersih untuk 19 Dusun di 9 Desa yang tersebar di 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Sejumlah kendaraan pengangkut air bersih dari BPBD, Pemadam Kebakaran, hingga Water Canon diberangkatkan dari Polres Tulungagung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi di dampingi dari Kodim 0807 Tulungagung, Pemerintah Daerah, BPBD dan PJU Polres.

Kapolres Tulungagung AKBP Taat mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya kita bersama untuk meringankan masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Jadi kami dari Polres Tulungagung bersama dengan Pemkab Tulungagung dalam hal ini BPBD dengan Kodim 0807 Tulungagung menyalurkan 100 tangki air bersih untuk 19 Dusun di 9 Desa di 6 Kecamatan”, kata AKBP Taat,Selasa (27/8).

Menurut Kapolres Tulungagung, Ratusan Ribu Liter air bersih tersebut akan disalurkan secara bertahap sampai dengan nanti musim kemarau ini berakhir.

“Insya Alloh nanti bulan Oktober sudah ada hujan,” sambungnya.

Dari Polres Tulungagung air bersih tersebut didistribusikan, kemudian dikelola oleh Polsek dan Koramil kemudian disalurkan kepada Masyarakat.

“Kami juga di backup oleh BPBD untuk data dan juga penyalurannya”, ujar AKBP Taat.

Kapolres Tulungagung juga mengatakan, penyaluran air bersih sifatnya sementara hanya untuk mengejar kecepatan, secara permanen akan kembali dibangun Sumur Bor.

“Untuk kebutuhan air secara permanen kita berupaya untuk membangun Sumur Bor, saat ini sudah proses pembangunan di 3 Kecamatan,”terang AKBP Taat.

Polres Tulungagung, lanjut AKBP Taat akan mengupayakan di 6 Kecamatan minimal satu sumur bor.

“Ini semoga menjadi solusi untuk lebih permanen lebih jangka panjang”, tandasnya. (*)