Rabu, 31 Juli 2024

*SSDM Polri Imbau Ortu Catar Akpol Waspada Penipuan Modus Kuota Susulan*-

SSDM POLRI-Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri mengimbau calon taruna Akademi Kepolisian (catar Akpol) yang dinyatakan tidak lolos seleksi, untuk mewaspadai aksi penipuan modus iming-iming kuota susulan. Imbauan ini juga teruntuk orang tua para catar.

"SSDM Polri selaku Panitia Seleksi Tingkat Pusat Taruna Akpol mengimbau kepada orang tua, calon taruna yang dinyatakan tidak terpilih dalam sidang penetapan kelulusan, agar waspada dengan penipuan. Penipuan apa? Yang mengatasnamakan, atau mencatut, atau mengaku panitia bisa memberikan kuota susulan," tegas Kepala Bagian Penyedia Personel (Kabag Diapers) SSDM Polri Kombes Fadli Samad dalam keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).


“Modus ini berulang. Maka kami minta untuk masyarakat, terutama yang mungkin anak, keponakan atau saudaranya sudah mengikuti seleksi anggota Polri dan tidak terpilih, agar waspada dan jangan percaya,” tambah dia.

Fadli mengatakan hasil sidang seleksi akhir penerimaan taruna yang berlangsung pada Minggu (28/7) bersifat sudah final. Tahun ini, tegas Fadli, SSDM Polri hanya menerima 325 taruna Akpol, yang terdiri dari 284 taruna dan 41 taruni.

"Sesuai arahan Bapak As SDM, sekali lagi kami imbau orang tua catar yang tidak lolos seleksi agar tidak mempercayai siapapun yang mengaku bisa membantu. Tidak ada kuota tambahan, kuota susulan atau kuota lainnya pasca sidang penetapan," ujar Fadli.

Terakhir, Fadli menyebut para catar yang 'tidak terpilih' hanya memiliki kesempatan ikut seleksi Akpol 2025, jika usianya masih cukup dan masih berminat. Dia mengajak masyarakat sama-sama mencegah penipuan ini.

"Pendidikan integrasi dengan catar Akmil juga sudah dibuka besok. Jika orang tua ataupun catar dihubungi atau menerima pesan dari orang atau nomor tak dikenal yang menawarkan aneh-aneh, wajib dikonfirmasi ke nomor hotline kami untuk mencegah penipuan," terang Fadli.

Sebelumnya Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo menegaskan kuota khusus dan rekrutmen proaktif (rekpro) dalam seleksi tingkat pusat Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Anggaran 2024 dihapus. Irjen Dedi menjelaskan penghapusan ini untuk melahirkan taruna-taruna Akpol yang benar-benar mampu menjalani proses pendidikan dan pelatihan selama di Akpol.

"Sesuai arahan pimpinan, tahun ini tidak dilakukan dikotomi lagi, atau friksi-friksi jalur rekpro, jalur reguler, jalur kuota khusus. Saya sampaikan dan saya tegaskan tidak ada lagi untuk tahun 2024. Semua berlaku egaliter, semua berlaku equal dan semua berlaku sederajat, sama semuanya," tegas Irjen Dedi saat memberi sambutan di Auditorium Cendikia, Akpol, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (28/7).

Hal ini ditekankan Irjen Dedi berulang kali agar para taruna, orang tua dan jajaran SSDM Polri di tingkat polda memahami.

"Tidak ada yang 'saya rekpro, saya harus masuk', tidak ada. Tidak ada yang 'saya kuota khusus, saya harus masuk', tidak ada. 'Saya reguler, saya harus masuk' juga tidak ada. Semua berlaku egaliter, semua berlaku sama," Irjen Dedi menekankan.

Dedi menjelaskan pihaknya mendapat masukan berbagai pihak tentang kondisi taruna, salah satunya Gubernur Akpol Irjen Krisno Halomoan Siregar. Krisno menyampaikan kepada SSDM Polri perihal kejadian-kejadian taruna mengalami cedera terkait otot dan tulang, yang berdampak pada terganggunya proses pendidikan dan latihan untuk taruna itu sendiri.

Oleh sebab itu SSDM Polri dalam seleksi tingkat pusat Akpol 2024 melakukan pemeriksaan kepadatan tulang dan massa otot terhadap seluruh calon taruna. Sehingga diharapkan pemeriksaan tersebut menekan potensi taruna mengalami cedera otot dan tulang baik saat proses pendidikan integrasi dengan taruna TNI, hingga selama pendidikan di Akpol.

Dia mengatakan hanya calon taruna terbaik yang akan masuk Akpol. Hal ini menjadi sebuah keharusan, sambung mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini, agar para taruna dapat mengikuti proses pendidikan dan pelatihan dengan baik tanpa terjadi hal-hal yang bahkan dapat membahayakan keselamatan taruna itu sendiri.

"Kita tidak mau lagi dilakukan rekrutmen dengan friksi-friksi seperti itu. Nanti ke depannya belum ikut pendidikan di Akpol, baru ikut pendidikan integrasi sudah sakit, sudah cedera dengan proses latihan. Bahkan mohon maaf, ada yang meninggal ketika proses pelatihan. 2024 Ini harus zero accident," pungkas Irjen Dedi.

*Kapolda Jatim Resmi Kukuhkan Komite Olahraga Polri*

SURABAYA - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim melaksanakan upacara pengukuhan struktur organisasi dan susunan pengurus Komite Olahraga Polri (KOP), di Lobby Gedung Patuh, Mapolda Jatim, Rabu (31/7).

Dalam pengukuhan struktur organisasi dan pengurus KOP ini, juga dihadiri oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim, Muhammad Nabil. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim yang diwakili Kabid Kepemudaan, Wahyu Widodo. 

Dalam sambutannya, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs.Imam Sugianto,M.Si mengatakan, pembinaan terhadap prestasi merupakan sebuah upaya untuk membimbing dan menumbuhkan kecakapan berolahraga.

Adapun yang terkandung didalamnya adalah nilai-nilai jasmani, rohani dan sosial, dalam meningkatkan klualitas Sumberdaya Manusia (SDM) Polri, yang unggul menuju Polri yang presisi. 

Selain itu, kata Kapolda Jatim efektivitas program kemitraan dengan masyarakat maupun sinergisitas bersama instani terkait, termasuk dengan KONI Jatim dan Dispora Jatim, dapat dilaksanakan dengan optimal. 

"Saya berharap melalui komite Olahraga Polri, khususnya dilingkungan Polda Jatim, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan berprestasi,”ungkap Irjen Imam Sugianto.

Kapolda Jatim menghimbau para atlet Polri selain melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Polri juga berkewajiban untuk membawa nama baik Polri.

“Hal itu bisa dilakukan melalui prestasi olahraga yang diwadahi oleh KOP, baik ditingkat Nasional maupun Internasional," jelas Irjen Imam Sugianto.

Dengan demikian diharapkan Polri akan mampu mendorong kepercayaan public dan Polri dapat bergerak semakin positif. 

Selain itu, lanjut Kapolda jatim, juga sejalan dengan program Kapolri bahwa transformasi menuju Polri yang presisi harus menjadi harapan baru bagi Masyarakat.

“Perubahan yang dilakukan harus cepat dan benar-benar dirasakan oleh Masyarakat,”tegas Irjen Imam Sugianto.

Oleh karena itu, melalui program pembinaan prestasi terhadap atlet Polri, diharapkan bisa menjadi sebuah kontribusi positif, untuk memberikan yang terbaik kepada Polri, dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

"Setelah pengukuhan ini saya harapkan pengurus inti cabang olahraga yang telah dikukuhkan agar segera menyusun pengurus masing-masing cabang olahraga," ujar Irjen Imam Sugianto.

Kapolda Jatim juga meminta ketua umum, serta ketua harian, segera berkonsolidasi dan menentukan pejabat-pejabat utama di Polda yang belum atau belum masuk dalam kepengurusan, segera dipetakan, dan menyelenggarakan program kerja pembinaan.

“Segera lakukan hal untuk meningkatkan prestasi komite olahraga Kepolisian Negara Republik Indonesia secara berkelanjutan dan terarah," tutur Irjen Pol Imam Sugianto. 

Sebelum mengakhiri sambutan tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota pengurus yang telah terpilih dan bersedia untuk menjadi pengurus.

Diharapkan pula semua pengurus dapat bersma-sama membina kemajuan dan perkembangan olahraga dilingkungan Polda Jawa Timur. 

"Semoga semangat dan dedikasi kita semua dalam memajukan olahraga sapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan Polri dan Masyarakat,”pungkasnya. (*)

*Polres Bondowoso Getol Berantas Narkoba, Satu Lagi Tersangka Pengedar Sabu Ditangkap*

BONDOWOSO – Upaya mewujudkan wilayah yang bersih dari Narkoba terus dilakukan oleh Polres Bondowoso Polda Jatim.

Hal itu terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan mulai dari menggencarkan sosialisasi bahaya Narkoba di lingkungan Masyarakat, sekolah maupun pondok pesantren hingga melakukan tindakan tegas bagi penyalahguna narkoba.

Kali ini kembali Satresnarkoba Polres Bondowoso Polda Jatim berhasil mengamankan seoarang lelaki yang diduga kuat sebagai pengedar Narkoba jenis Sabu.

Tepatnya pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2024, sekira jam 18.00 Wib, tersangka Inisial LLD (42) yang juga warga Bondowoso diamankan di Desa Gununganyar Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso.

Kapolres Bondowoso AKBP Lintar Mahardhono, SH. SIK. MIK membenarkan adanya penangkapan tersangka pengedar sabu oleh anggota Satresnarkoba Polres Bondowoso.

“Iya, tersangka sudah kami amankan dan sedang dalam proses pemeriksaan oleh penyidik untuk pengembangan ungkap kasus ini,”kata AKBP Lintar, Rabu (30/7).

Kapolres Bondowoso juga mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan Masyarakat yang pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2024 di wilayah Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso terjadi transaksi Sabu.

Dari laporan tersebut lanjut AKBP Lintar Mahardhono lalu petugas segera melakukan penyelidikan dan hasilnya dapat mengamankan tersangka beserta barang buktinya. 

Dari tangan Pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 1 (satu) paket sabu,  1 (satu) plastik klip kosong; 1 (satu) pipet kaca;  1 (satu) unit TAB merk Samsung warna putih; 1 (satu) unit HP merk Samsung warna biru dan barang bukti lainnya. 

“Atas tindakan tersangka LLD kami jerat dengan Pasal yang dilanggar Pasal 114 ayat (1) subs Pasal 112 ayat (1) UU. RI. No. 35 Tahun 2009, tentang Narkotika, "pungkas Kapolres Bondowoso. (*)

*Kapolda Jatim Buka Road Show Generasi Emas Tanpa Narkoba di Sidoarjo*

SIDOARJO -  Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jawa Timur, melaksanakan road show sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba bagi Mahasiswa,pelajar dan para santri di pondok pesantren.

Kegiatan road show sosialisasi bahaya narkoba dimulai di Universitas Muhammadiyah, yang dilaksanakan di Gedung Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Sidoarjo, Rabu (31/7/2024).

Hadir dalam giat tersebut, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, pejabat utama (PJU) Polda Jatim didampingi Dirresnarkoba Polda Jatim, Kombes Pol Robert Da Costa, serta Kapolres/ ta jajaran Polda Jawa Timur, Kepala BNNK Sidoarjo, Rektor Umsida, Dinas Pendidikan serta Guru dan pelajar. 

Road show kali ini tidak hanya diikuti pelajar maupun mahasiswa dari Sidoarjo saja, melainkan juga dihadiri beberapa pelajar dari wilayah lain, seperti Malang Raya, Blitar, Mojokerto Kota atau Kabupaten, Jombang, Pasuruan dan Nganjuk.

Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan, kegiatan road show sosialisasi bahaya penyalahgunaan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada generasi muda mengenai dampak negatif narkoba.

Oleh karenanya bagi para narkoba bagi pelajar, santri maupun mahasiswa sangatlah penting untuk dipahami sehingga dapat menjauhi segala bentuk penyalahgunaannya.

Kapolda Jatim menjelaskan, selain melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus - kasus narkoba, Ditresnarkoba Polda Jatim juga berupaya melakukan pencegahan melalui programkan road show.

"Ini adalah program rutin yang diadakan oleh Ditresnarkoba Polda Jatim dalam upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba,”ungkap Irjen Imam Sugianto di Sidoarjo, Rabu (31/7).

Dalam road show sosialisasi bahaya narkoba kali ini diikuti 1.500 peserta dari berbagai Kabupaten/ Kota, diantaranya, Sidoarjo, Malang Raya, Pasuruan, Blitar Kota dan Kabupaten, Mojokerto Kota dan Kabupaten, Jombang dan Nganjuk serta Dosen dan Kepala Sekolah.

"Mudah mudahan kegiatan ini bisa membantu sekaligus membentuk kerja kolaboratif dengan Civitas akademika termasuk masyarakat dan stakeholder terkait mencegah dampak lebih buruk dari penyalahgunaan narkoba," ujar Irjen Imam Sugianto.

Perlu diketahui tahun 2023 capaian pengungkapan kasus Narkoba oleh Polda Jatim dan jajarannya  sebanyak 1.900 kasus dan tahun 2024 dari bulan Januari-Juni sudah ada 2600 kasus Narkoba terungkap.

"Ini perlu kita tekan terus peredaran narkoba di wilayah Jatim, mudah mudahan kegiatan ini bisa membawa manfaat," kata Irjen Imam Sugianto.

Dalam kegiatan ini Kapolda Jatim juga memberikan 4 poin penting terkait dengan sosialisasi penyalahgunaan narkoba;

Pertama, Polda Jatim akan berkomitmen penuh untuk memberantas peredaran narkoba di Jawa Timur.

Polda Jatim akan terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah, tokoh masyarakat, ulama dan lembaga non pemerintah bersama sama menciptakan lingkungan yang bebas dari ancaman penyalahgunaan narkoba.

Kedua, peran aktif masyarakat dalam perang melawan narkoba bukanlah tugas yang bisa dilakukan sendiri oleh kepolisian. 

Polda Jatim mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah dan penanggulangan peredaran narkoba dengan memberikan informasi kepada kepolisian.

“Kami harap Masyarakat mendukung program program pencegahan, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih dari peredaran narkoba dengan langkah konkret yang dapat kita ambil bersama,”ungkap Kapolda Jatim.

Ketiga adalah tentang rehabilitasi dan pemulihan bagi para pengguna Narkoba yang harus segera dipulihkan.

Selain penegakan hukum, Polda Jatim juga akan fokus pada upaya rehabilitasi dan pemulihan bagi para korban narkoba melalui upaya restorative justice. 

Kapolda Jatim menyebut, keterlibatan masyarakat dalam membantu mereka yang terjerat narkoba untuk kembali ke jalur yang benar sangat diperlukan. 

“Kita harus memandang mereka sebagai saudara saudara kita yang membutuhkan dukungan dan bimbingan,”ungkap Irjen Imam Sugianto.

Penekanan keempat terkait edukasi dan pencegahan terhadap peredaran maupun penyalahgunaan Narkoba.

Menurut Kapolda Jatim pendidikan dan pencegahan adalah kunci dalam upaya anti narkoba. 

Irjen Imam Sugianto menegaskan bahwa Polda Jatim akan terus melakukan program program pencegahan seperti road show generasi emas tanpa narkoba.

Polda Jatim juga terus mengembangkan kampung bebas narkoba, audiensi kepada para pengasuh pondok pesantren, komunitas agar generasi muda memiliki pemahaman yang kuat tentang bahaya narkoba dan dampak negatifnya. (*)

Selasa, 30 Juli 2024

*Polres Probolinggo Gelar Piramida, Nobar Final Piala AFF U-19 Rawat Sinergitas Bersama Media*

PROBOLINGGO,- Dalam rangka memperkuat sinergitas bersama awak media, Polres Probolinggo Polda Jatim menggelar kegiatan PIRAMIDA (Ngopi Bareng Media), 
Kali ini Piramida digelar oleh Polres Probolinggo dengan nonton bareng Final sepak bola AFF U-19 antara Timnas Indonesia melawan Thailand, yang berlangsung pada Senin (29/7/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Dinas Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana dengan dihadiri pejabat utama Polres Probolinggo dan rekan media Polres Probolinggo. 

Dalam sambutannya Kapolres Probolinggo mengatakan kegiatan Piramida ini merupakan ajang silaturahmi dan menjalin sinergitas antara rekan media dengan Polres Probolinggo. 

"Sinergitas dengan media harus terjalin dengan baik dan piramida kali ini kami laksanakan dengan nonton bareng final AFF U-19, kita memberikan doa dan dukungan kepada Timnas Indonesia yang berjuang dalam laga kali ini," kata AKBP Wisnu Wardana.

Lebih lanjut AKBP Wisnu Wardana juga mengucapkan terima kasih atas bantuan rekan media yang selama ini telah membantu Polres Probolinggo dalam hal pemberitaan. 

"Dengan adanya pemberitaan dari rekan media, masyarakat mendapat informasi secara baik dan benar tanpa adanya berita hoax maupun provokasi yang dapat mengganggu kamtibmas di Kabupaten Probolinggo," tutur AKBP Wisnu Wardana.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pokja Wartawan Kabupaten Probolinggo Faisol mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Probolinggo atas terselenggaranya kegiatan piramida ini. 

"Dengan adanya kegiatan ini, dapat memperkuat sinergitas antara rekan media dengan Polres Probolinggo. Selain itu kami juga mendapatkan informasi dan pencerahan terkait kondisi Kamtibmas terkini," ucap Faisol. 

Lebih lanjut Faisol menambahkan, bahwa rekan media bersama Polres Probolinggo juga berkomitmen menjaga situasi Kabupaten Probolinggo agar tetap kondusif sehingga menarik minat para investor. 

"Iklim dan situasi kamtibmas yang kondusif dapat memacu pertumbuhan ekonomi melalui banyaknya investasi yang bisa dibangun di Kabupaten Probolinggo," pungkas Faisol. (*)

*Polres Pacitan Amankan Pelaku Rudapaksa Anak di Bawah Umur*

PACITAN - Polres Pacitan berhasil mengamankan seorang pelaku berinisial A.A. (19) yang diduga melakukan persetubuhan dengan paksaan terhadap korban berinisial I.N.P. (17), seorang pekerja swasta.

Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho menjelaskan, insiden ini terungkap pada Jumat, 19 Juli 2024, sekitar pukul 18.30 WIB, di sebuah kamar kost yang terletak di Dusun Pager, Desa Arjowinangung, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

"Berdasarkan laporan yang diterima dari D.I. (20), kakak korban, kejadian bermula saat ia mendatangi kost adiknya untuk menumpang mandi," kata AKBP Agung, Selasa (30/7/2024). 

Sesampainya di tempat kejadian, D.I. mengetuk pintu kamar namun tidak mendapat jawaban. 

"Merasa curiga, ia kemudian mengintip melalui jendela dan melihat seorang laki-laki di dalam kamar," terang AKBP Agung. 

D.I. yang marah dan cemas segera menggedor pintu dan meminta agar dibukakan, sambil mengancam akan melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

Setelah pintu dibuka, D.I. mendapati A.A. berada di dalam kamar bersama adiknya, I.N.P. Dalam keadaan emosi, D.I. menanyakan alasan A.A. berada di kamar tersebut.

Awalnya, A.A. tidak mengakui perbuatannya, namun setelah didesak, ia mengaku telah menyetubuhi Ι.Ν.Ρ.

"Pelaku akhirnya mengakui perbuatannya," jelas AKBP Agung Nugroho. 

Sementara itu Kasatreskrim Polres Pacitan, AKP Untoro mengatakan, menurut pengakuan korban, A.A. memasuki kamar kostnya secara tiba-tiba dan memaksa untuk melakukan hubungan intim, meski korban menolak. 

"Pelaku menggunakan kekerasan dengan menahan tangan dan kaki korban untuk melancarkan aksinya," kata AKP Untoro.

Dari hasil pemeriksaan terhadap A.A lanjut Kasatreskrim Polres Pacitan bahwa tersangka AA mengaku melakukan perbuatan tersebut karena merasa tertarik pada korban. 

Saat ini, Polisi menyita barang bukti sepotong switer warna krem, sepotong celana kolor warna hitam, sepotong jilbab warna kuning, sepotong celana dalam warna putih, sepotong celana dalam pendek ungu dan bra warna ungu. 

Atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman maksimal 15 tahun penjara, sesuai dengan Pasal 81 UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

"Tersangka sudah ditahan sejak 20 Juli 2024 lalu," pungkas AKP Untoro di Polres Pacitan. (*)

*Tim Semeru Polda Jatim Jadi Runner Up Basketball Kapolri Cup 2024*

JAKARTA - Tim Bola Basket Semeru Polda Jawa Timur menjadi Runner Up pada kejuaraan Basketball Kapolri Cup 2024. 

Di babak final yang berlangsung Senin (29/7/2024) di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Tim Bola Basket Semeru Polda Jatim  menelan kekalahan dari Tim Bola Basket The Police Mabes Polri dengan skor 74-79.  

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing sebagai Manajer Tim Bola Basket Semeru Polda Jawa Timur yang turut hadir di babak final mengatakan, bahwa para pemainnya telah berjuang maksimal. 

Terbukti Tim Bola Basket Semeru binaan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs.Imam Sugianto itu mulai dari babak penyisihan berhasil menang menghadapi Polda Bangka Belitung, Polda Lampung dan Polda Bali.

"Dari kemenangan yang kami peroleh di babak penyisihan, tidak lantas membuat berpuas diri,kami terus tingkatkan latihan dan kerjasama tim secara maksimal,”kata Kombes. Pol. Christian Tobing.

Hangga di babak perdelapan final, Tim Bola Basket Semeru yang diketuai oleh Dirlantas Polda Jatim,Kombes Pol Komarudin itu menang melawan Polda Bali.

Hingga pada babak perempat final, Tim Bola Basket Semeru berhasil menaklukan tim bola basket dari Kejaksaan.

“Semi final kami menang atas tim bola basket dari Kementerian Hukum dan HAM," jelas Kombes. Pol. Christian Tobing.

Pada babak final dan penutupan ini pertandingan semakin seru dan semangat saat dihadiri Wakapolri Komjen. Pol. Agus Andrianto dan Kasum TNI Letjen. Bambang Ismawan. 

Selain itu, turut mendampingi Kadivkum Mabes Polri Irjen. Pol. Viktor Theodorus Sihombing serta Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Karyoto.

“Juara 1 Tim Bola Basket The Police Mabes Polri dan kami Tim Bola Basket Semeru Polda Jatim sebagai Runner Up,”pungkas Kombes. Pol. Christian Tobing.

Sementara itu di tempat terpisah, Pembina Tim Bola Basket Semeru, Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan permainan Tim Bola Basket Semeru binaanya sudah maksimal dalam bermain.

“Kita tetap sportif dan akan terus berlatih untuk pertandingan pada even berikutnya,”ujar Irjen Imam Sugianto.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Ketua Tim Bola Basket Semeru, Kombes Pol Komarudin yang tetap optimis, bahwa tim yang dipimpinya akan bermain lebih baik lagi.

“Intinya kami tetap semangat, tetap optimis dan akan terus meningkatkan kwalitas bermain sehingga kedepan kami bisa juara,”ujar Kombes Komarudin.

Sebagai informasi, Turnamen bola basket dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 ini memperebutkan piala bergilir Kapolri Cup digelar mulai tanggal 19 Juli 2024 sampai dengan 29 Juli 2024 dan diikuti 36 tim dari berbagai kementerian, lembaga dan instansi.

Adapun tema yang diangkat dalam Basketball Kapolri Cup 2024 ini seperti yang dikatakan Wakil Ketua Panitia Kombes. Pol. Andri Ananta Yudhistira, dalam sambutan acara penutupan Basketball Kapolri Cup 2024, adalah 'Berkompetisi dalam Harmonisasi Menuju Indonesia Emas'. 

Tujuan turnamen bola basket ini untuk meningkatkan sinergitas dan mempererat koordinasi antar-kementerian, lembaga, dan instansi penegak hukum dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. (*)

*Polres Ponorogo Luncurkan Program Gas Kopling, Tanamkan Budaya Tertib Berlalulintas*

PONOROGO - Satlantas Polres Ponorogo telah meluncurkan Program Gas Kopling sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat. 

Gas Kopling atau Gerakan Dikmas Lantas Melalui Kopi Keliling adalah program yang digagas oleh Satuan Lalu Lintas Polres Ponorogo Polda Jatim untuk mengajak warga berpartisipasi dalam sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas.

Sesuai dengan nama programnya, petugas dari Satlantas Polres Ponorogo dalam melaksanakan program tersebut tak ubahnya sperti patroli dialogis dari satu tempat ke tempat lain menjumpai warga Masyarakat sambil diajak ngopi.

Saat ngobrol itulah, petugas memberikan edukasi tentang berlalu lintas seperti larangan penggunaan knalpot yang tidak sesuai sepesifikasi Teknik, balapan di jalan raya dan sebagainya.

Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Jumianto Nugroho, menekankan bahwa kesadaran berlalu lintas, termasuk penggunaan helm dan patuh pada rambu-rambu, harus tumbuh dari para pengendara sendiri. 

“Edukasi yang menarik adalah kunci, dan karena warga Ponorogo gemar ngopi di warung, maka program ini menggunakan pendekatan kedai kopi keliling,”ungkap AKP Jumianto, Selasa (30/7).

Program ini kata AKP Jumianto tidak hanya menargetkan anak muda, tetapi juga orang tua. 

“Komunikasi dua arah saat ngopi santai menjadi sarana efektif untuk menyampaikan pesan keselamatan lalu lintas,”ujar AKP Jumianto.

Dijelaskan oleh AKP Jumianto, selain Gas Kopling, Polres Ponorogo juga memiliki program Sate (Satu Tindakan untuk Keselamatan) dan Baronglantas (Bersama Gotong Royong Mewujudkan Kabupaten Ponorogo Tertib Berlalu Lintas). 

Pada program – program yang juga mengimplementasikan program Mahameru Lanta situ, masyarakat juga dapat memberikan saran kepada Polisi, sehingga terjalin komunikasi yang saling menguntungkan.

“Kami tentu juga akan mengakomodir usul saran atupun informasi bahkan keluhan Masyarakat tentang pelayanan kepolisian khususnya di bidang lalu lintas,” kata AKP Jumianto.

Melalui program – program ini, lanjut AKP Jumianto pihaknya berharap keamanan,keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas ( Kamseltibcarlantas) dapat terwujud.

“Yang sangat kita harap bersama adalah budaya tertib dalam berlalulintas dapat tumbuh di Masyarakat,” pungkasnya. (*)

*Operasi Patuh Semeru 2024 Sukses Tekan Angka Kecelakaan, Polantas Ngawi Berbagi Sembako*

NGAWI – Operasi Patuh Semeru 2024 yang berlangsung dari tanggal 15 sampai dengan 28 Juli 2024 itu bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah Ngawi, telah selesai dilaksanakan.

Adapun hasilnya, angka kecelakaan akibat pelanggaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Ngawi dapat diminimalisir.

Hal itu tak lepas dari upaya Polres Ngawi dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Masyarakat sepanjang Operasi Patuh Semeru 2024 berlangsung.

Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto  melalui Kasatlantas M Sapari mengungkapkan selama Operasi Patuh Semeru 2024 di wilayah hukum Polres Ngawi tidak ada kejadian yang menonjol terkait lalu lintas.

Dalam meningkatkan keamanan,keselamatan, ketertiban dan kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Satlantas Polres Ngawi juga terus meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran lalul lintas.

“Kami akan terus meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor, " kata AKP Sapari, Selasa (30/7).

Demi terwujudnya Kamseltibcarlantas, lanjut AKP Sapari pihaknya akan terus menggelorakan sosialisasi kepada Masyarakat tentang tata tertib berlalulintas.

Ia mengatakan berbagai langkah dalam upaya terwujudnya Kamseltibcarlantas tetap dilakukan meskipun Operasi Patuh Semeru 2024 telah usai.

Seperti pada pantauan media ini, tampak anggota Satlantas Polres Ngawi berbagi sembako kepada para Ojek Online, Juru Parkir dan Abang Becak yang sedang mangkal sambil memberikan himbauan terkait Kamseltibcarlantas.

“Kita berupaya menanamkan budaya tertib berlalulintas kepada Masyarakat tujuannya untuk terwujudnya Kamseltibcarlantas,”ujar AKP Sapari.

Sementara itu soal berbagi sembako,kata AKP Sapari adalah sebagian dari wujud kepedulian Polres Ngawi terhadap sesama yang dinilai memang perlu diberikan bantuan.

"Hal ini salah satu bentuk kepedulian kami dan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,"ungkap AKP Sapari.

Ia menegaskan sosialisasi kali ini dikemas dengan patroli dialogis meliputi penggunaan helm, sabuk pengaman, dan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas sambil berbagi sembako.

"Kami berharap dengan berakhirnya Operasi Patuh Semeru kemarin kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas akan semakin meningkat, sehingga dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan tertib," tutup AKP Sapari. (*)

*Lepas Kontingen Taekwondo Polri ke Malaysia dan Thailand, As SDM Kapolri Motivasi Atlet Dengan Beasiswa Pendidikan*

Selasa, 30 Juli 2024, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo melepas kontingen atlet Taekwondo Polri yang akan mengikuti kejuaraan Taekwondo Malaysia dan Thailand Terbuka. 

Dalam sambutannya, Irjen Pol Dedi berpesan agar para atlet berjuang semaksimal mungkin mengharumkan nama bangsa.
 
"Terima kasih atas semangat, motivasi dan partisipasi rekan-rekan semua yang sangat besar artinya sebagai duta-duta atau brand ambassador Kepolisian di bidang olahraga taekwondo. Inshaallah dengan kerja keras dan doa serta semangat yang rekan-rekan miliki akan meraih prestasi terbaik, baik di Malaysia open maupun di Thailand Open, " Ujar Irjen Pol Dedi Prasetyo. 

Irjen Pol Dedi Praseto menambahkan ke depannya ada beberapa kejuaraan Taekwondo di luar negeri dan SSDM Polri akan berusaha menfasilitasi agar para atlet Polri dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan Taekwondo dan olahraga bela diri lain. 

Sebagai motivasi, As SDM Kapolri juga menyampaikan bahwa Polri menyediakan penghargaan untuk para atlet yang berprestasi. *Bagi atlet yang berasal dari sipil dan memenuhi persyaratan akan diarahkan sebagai Bintara jalur rekrutmen pro aktif atau Rekpro. Sedangkan atlet Polri akan mendapat kenaikan pangkat*. 

Para atlet juga mendapat kesempatan melanjutkan pendidikan melalui beasiswa dari Polri yang bekerja sama dengan 46 universitas di Indonesia. 

Dalam kesempatan ini Irjen Pol Dedi Prasetyo juga menyampaikan meskipun Polri belum maksimal dalam kelembagaan olahraga, namun Polri telah membentuk Komite Olahraga Polri (KOP) yang tahun ini diresmikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Rakernis SDM Polri bulan Mei lalu. 

Irjen Pol Dedi Prasetyo juga menyatakan akan membentuk wadah untuk olahraga beladiri di Polri termasuk Taekwondo dengan tetap berada *di bawah naungan KOP yang dibina kapolri sebagai ketua umum.*

Kontingen atlet Taekwondo Polri terdiri dari 22 atlet, 1 Official, 2 pelatih, 1 ketua, 3 sekretaris, dan 3 manajer. Kejuaraan terdekat yang akan diikuti para atlet Polri adalah International Taekwondo Championship *di Malaysia* tanggal 2 hingga 4 agustus 2024. 

Mayoritas atlet Taekwondo yang dikirim merupakan personel Polri yang telah mencetak prestasi di tingkat nasional dan internasional, ditambah dua atlet yang berasal dari sipil.

*Atlet Putri*
•Bripda Nurahmi widyowati 
Prestasi : 
1. Juara 2 Porda Diy U-62 Putri 2022
2. Juara 2 Kejurnas Kapolri Cup U-62 3. Putri 2024 
4. Juara 2 Kejurnas Piala Pangkostrad U-57 Putri 2024 
5. Juara 2 Popda Diy U-57 Putri 2019 
6. Juara 1 Piala Bupati U-57 Putri 2018

• Inggrid Maria Rejekina Br S
Prestasi :
1. Juara 1 U-52 kg Taekwondo Pekan Olahraga Pelajar Nasional  Seluruh Indonesia (POPNAS XV DKI Jakarta 2019),
2. Juara 1 U-52kg Taekwondo Kejuaraan Nasional  Antar PPLP se-Indonesia 2019 di Jateng,
3. Juara 1 U-52kg Taekwondo Kejuaraan Nasional Junior 2018 di Cibubur,
4. Juara 3 U-52 kg Taekwondo Kejuaraan Nasional Antar PPLP se-Indonesia 2018 di Lombok,
5. Juara 1 U-57 kg Tni-Polri Taekwondo Kejuaraan Nasional Kapolri Cup V 2024 
6. Juara 1 U-49 kg Taekwondo Kejuaraan Nasional Pangkostrad Cup 2024
7. Juara 1 U-57 kg Tni-Polri Taekwondo Kejuaraan Nasional Pangkostrad Cup 2024
8. Atlit Terbaik Tni-Polri Putri Kejuaraan Nasional Pangkostrad Cup

•Ihya ‘Ainizzahra
Prestasi :
    1. Juara 1 Kelas Poomsae Individual Putri Kategori TNI – POLRI Kejuaraan Pangkostrad Cup Tahun 2024.
    2. Juara 1 Kelas Poomsae Pair Kategori Senior Prestasi Kejuaraan Pangkostrad Cup Tahun 2024.
    3. Juara 3 Kelas Poomsae Beregu Putri Kategori Senior Prestasi Kejuaraan Pangkostrad Cup Tahun 2024.
    4. Juara 1 Kelas Poomsae Individual Putri Kategori TNI – POLRI Kejuaraan Kapolri Cup 5 Tahun 2024.
    5. Juara 1 Kelas Poomsae Individual Senior Putri Kejurprov Taekwondo Tahun 2022.
    6. Juara 3 Kelas Poomsae Individual Putri Kejurnas Taekwondo Antar PPLP 2018 Lombok

•Bripda Risky Irma Suryani, S.M.
Prestasi :
1. Juara 2 U-46kg Senior Putri Kejuaraan Internasional Bali Open 2017
2. Juara 2 U-46kg Senior Putri kejuaraan Thaitae Internasional Open Thailand 2018
3. Juara 2 Poomsae Individu senior putri kategori TNI/Polri kejuaraan Nasional Taekwondo Kapolri cup V Tahun 2024
4. Juara 2 Poomsae Individu Senior putri kategori TNI/Polri Kejuaraan Nasional Taekwondo Pangkostrad Cup 2024
5. Juara 3 Poomsae Beregu Senior Putri Kejuaraan Nasional Taekwondo pangkostrad cup 2024

•Sekar Embun Widia Ningrum
Prestasi : 
1. Juara 1 kyorugi kejurnas taekwondo pplp/pplpd/sko se-indonesia 2017 
2. Juara 1 kyorugi kejurnas taekwondo pplp/pplpd/sko se-indonesia 2017
3. ⁠Juara 2 kyorugi junior upi challange taekwondo national tournament 2018
4. ⁠Juara 3 kyorugi kejurnas junior cibubur 2018.
5. ⁠Juara 2 kejuaraan nasional taekwondo banten 2022
6. ⁠Juara 1 kapolri cup kyourugi u-67 2024
7. ⁠Juara 1 piala pangkostrad kyourugi kelas tni polri u-67 2024
8. ⁠Juara 3 piala pangkostrad kyourugi u-67 2024

• Elly Annisa
Prestasi :
1. Juara 1 Malaysia Open 2017
2. Juara 1 Kejurnas PPLP/D/SKO 2018
3. Juara 2 Kapolri cup 5 2024
4. Juara 1 Pangkostrad Cup 2024
5. Juara 3 Pangkostrad Cup 2024

•Salwa Syifa Syahirah 
Prestasi :
1. Juara 1 Piala Kapolri Cup 2018
2. Juara 2 Piala Kapolri Cup 2019
3. Juara 3 Piala Kapolri Cup 2024
4. Juara 2 Piala Pangkostrad Cup V 2024
5. Juara 3 Piala Pangkostrad Cup 2024

•Jihan Amira Mutia Azzahr
Prestasi :
1. Juara 3 kejurnas pplp th 2018
2. Juara 3 kejurnas pplp th 2019
3. Juara 3 kapolri cup th 2024
4. Juara 2 Pangkostrad cup th 2024

•Shaleha fitriana yusuf S.I.Kom
Prestasi :
1. JUARA 2 PON JABAR 2016 u 53 kg putri
2. 2017 JUARA 2 SEAGAMES KUALA LUMPUR u 62 kg putri 
3. 2018 JUARA 3 MALAYSIA OPEN u 62 kg putri
4. 2018 JUARA ‪2 WORLD UNIVERSITY POHANG‬ u 67 kg putri
5. 2019 JUARA 3 SEAGAMES PHILIPINA U 62 kg putri
6. 2021 JUARA 1 PON PAPUA 2021 u 62 kg putri
7. 2022 juara 1 pomnas XVII sumatra barat 2022 U 62 kg putri
8. 2022 juara 1 kejurnas pbti 2022 U 62 kg putri
9. 2023 juara 2 pra PON U 62 kg putri
10. 2024 juara 1 kapolri cup 5 Kyorugi U 62 kg putri
11. 2024 juara 1 pangkostrad kyorugi U 62 kg putri

•Ifah Alfanita
Prestasi : 
1. Juara 3 POPNAS 2017 U-52 kg putri
2. Juara 1 Porda DIY U-57 kg putri
3. Juara 2 Kejurnas Junior 2018 U-63 kg putri
4. Juara 2 pra PON 2019 U-67 kg putri 
5. Juara 2 POPNAS 2019 U-63 kg putri
6. Juara 2 Kapolri cup 5 2024 U-67 kg putri
7. Juara 1 Pangkostrad Cup 2024 U-67 kg putri

•Amelia Fika Anggraeni
1. Kejurnas Piala Pangkostrad Cup 2024 Juara 3 U-46 Kg Senior Pi
2. Kejurnas Piala Pangkostrad Cup 2024 Juara 3 U-46 Kg TNI-POLRI
3. Kapolri Cup V 2024 Juara 2 U-53 Kg Pi
4. Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO 2019 Juara 2 U-46 Kg Pi
5. POPNAS XV 2019 Juara 3 U-46 Kg Pi
6. Kejurnas PPLP/PPLPD/SKO 2018 Juara 3 U-46 Kg pi

•HAZRA AYUNDHA PUTRI
Prestasi
1. Juara 2 Hypermax open international (2018)
2. Juara 2 stkdg epoomsae international (2022)
3. Juara 1 Kapolri cup 3 -speedkick- (2022)
4. Juara 3 Kapolri cup 4 (2022)
5. Juara 3 Kapolri cup 3 -poomsae- (2022)
6. Juara 2 Piala Menpora (2022)
7. Juara 1 Kapolri Cup 2 (2019)
8. Juara 1 Bharaduta Open 2 (2021)
9. Juara 2 Kapolri Cup 1 (2018)
10. Juara 2 Kapolres Cup (2018)
11. Juara 1 Liga Pelajar Indonesia (2018)
12. Juara 1 O2SN tingkat Kota (2019)
13. Juara 3 Bharaduta Open 1 (2018)
14. Juara 1 O2SN tingkat kota (2018)
15. Juara 1 Piala Menpora (2022)
16. Juara 2 Liga DKI Jakarta s-3 (2023)
17. Juara 3 Liga DKI Jakarta s-2 (2022)
18. Juara 1 UIN Championship (2018)
19. Juara 1 Abdul Rozak cup (2019)
20. Juara 1 Depok Open III (2019)
21. Juara 2 ITN open VI (2023)
22. Juara 2 ITN open V (2022)
23. Juara 2 Liga Jawa Barat (2022)
24. Juara 2 SelekCab Kota Depok (2020)
25 Juara 2 Walikota Depok Cup (2019)
26 Juara 2 Walikota Depok Cup s-2 (2018)
27. Juara 2 Sportopia Cup II (2019)
28. Juara 3 UIN Championship III (2019)
29. Piagam atlet berprestasi dari Walikota Depok (2019)
30. Peserta POPDA Jawa Barat (2018)
31. Peserta BK PORDA Jawa Barat (2021)

•ALMA ZAFIRAH 
Prestasi
Internasional:
1.ministry of youth and sports of the republic of indonesia juara 3 under 55 kg cadet tahun 2023
Nasional:
1. Kemenpora cup juara 3 kategori cadet putri under 55 kg 2023
Provinsi:
1. juara 2 kbbp polri jatim cup 1 under 55 kg cadet putri tahun 2023
2. juara 1 piala walikota surabaya under 59 junior putri tahun 2024
 3. juara 2 Kejurprov cadet u-51 kg 2022

*Atlet Putra*
•Dhiva Rahmani Sonjaya
Prestasi : 
1. Juara 2 PON Taekwondo Papua 2021
2. Juara 1 Kapolri Cup 2022
3. Juara 1 Kejurnas Junior Jatim
4. Juara 1 Piala Pangkostrad 2024
5. Juara 2 POPNAS Jateng 2017

•Adhetian Setya Putra
1. Juara 1 Kyorugi Under 87 Kg Kejuaraan Nasional Taekwondo 2022
2. Juara 1 Kyorugi Under 87 kg Kapolri Cup ke-5 2024 
3. Juara 3 Kyorugi Under 63 Kg Kejurnas Junior Taekwondo 2018
4. Juara 3 Kyorugi Under 63 Kg POPNAS 2019 
5. Juara 3 Kyorugi Under 87 kg PORPROV Jawa Barat 2022

•Hendro Gunawan
Prestasi : 
1. Juara 1 Popnas 2019
2. Juara 3 PON PAPUA 2021
3. Juara 1 kejurnas krakatau posco 2021
4. Juara 1 kapolri cup 2024
5. Juara 1 Pangkostrad 2024

• Wibawa Febriansyah
Prestasi : 
1. Juara 1 ITN Open 2023
2. Juara 1 Kapolri Cup 2024
3. Juara 1 Pangkostrad Cup 2024
4. Juara 3 Popnas 2019
5. Juara 3 Kejurnas Pplp 2018

• Salim Azhar
Prestasi : 
1. Juara 2 Kyorugi Under 68 Kg International Open Taekwondo Championship Malasyia TA 2022 di Stadium Juara, Kuala Lumpur Malaysia
2. Juara 3 Kyorugi under 59 Kg Junior Putra Kejurnas PPLP/SKO/PPLPD TA 2019
3. Juara 2 Kejuaraan Nasional Kapolri Cup 5 Beregu Putra under 75kg Putra 2024
4. Juara 2 under 68 Kg Junior Putra Jakarta Collabaration City 2022
5. Juara 1 under 63 Kg Junior Putra ITN Open V Turnamen Taekwondo Se-Jabar 2022

•Johansen Vicenzo Angtolis
Prestasi : 
1. Juara 1 Thailand Open 2019
2. Juara 3 POPNAS 2019
3. Juara 1 Prapon 2019
4. Juara 2 Pon Papua 2021
5. Juara 1 KAPOLRI CUP 2024

•Muhammad Rizky Prasetya 
Prestasi : 
1. Juara 1 poomsae individual putra TNI-Polri Kejuaraan pangkostrad cup 2024
2. Juara 2 poomsae senior beregu putra kejuaraan pangkostrad cup 2024
3. Juara 3 poomsae junior individual putra kejuaraan kapolri cup V 2024
4. Juara 2 poomsae junior individual putra kejuaraan Biho president internasional 2021
5. Juara 1 poomsae junior individual putra kejuaraan kapolri cup I 2019

•Petrus khrisna putra suarlembit
Prestasi : 
1. KOREA OPEN 2017(EMAS)
2. KEJURNAS 2018 (EMAS)
3. POPNAS 2019 (EMAS)
4. KEJURNAS 2022 (EMAS) (ATLIT TERBAIK)
5. KAPOLRI CUP 2024 (EMAS)
6. ⁠PANGKOSTRAD 2024 (EMAS)

Raden Odo Prangbakat 
Prestasi:
1. Juara 1 Pomnas Sumbar 2022
2. Juara 1 Kejurnas PPLP Sulut 2017
3. Juara 3 Pon Papua 2021
4. Juara 2 Pra Pon Banten 2019

BRIPDA Maulana Rizky
prestasi :
1. JUARA 2 KAPOLRI CUP JAKARTA 2022
2. JUARA 1 PORPROV NTB 2023
3. JUARA 2 POMNAS KALIMANTAN SELATAN 2023
4. JUARA 2 KAPOLRI CUP JAKARTA 2024
5. JUARA 1 PANGKOSTRAD CUP 2024

Undip Juara 1 Lomba Debat Hukum, Kadivkum Polri: Jadi Wadah Mahasiswa Sikapi Permasalahan Hukum

Jakarta - Universitas Diponegoro (Undip) meraih Juara 1 Lomba Debat Hukum di tingkat Mabes Polri, Selasa (30/7/2024). Kepala Divisi Hukum Polri, Irjen Viktor Theodorus Sihombing berharap digelarnya lomba ini dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78, bisa menjadi wadah mahasiswa dalam menyampaikan pendapat terutama terkait persoalan hukum di masyarakat.

Final Lomba Debat Hukum yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, berlangsung sejak Senin kemarin. Undip yang menjadi perwakilan Polda Jawa Tengah berhasil mengalahkan Universitas Hassanudin dari Polda Sulawesi Selatan. Lomba debat hukum kali ini mengangkat tema "Permasalahan Penegakan Hukum oleh Polri", dengan fokus isu "Restorative Justice dan Penyebaran Berita Bohong atau Hoax".

Kadivkum melihat antuasime tidak hanya dari peserta lomba sebanyak 238 universitas yang berpartisipasi. Namun, juga dari pemikiran kritis para mahasiswa pada saat berargumen yang memiliki dasar-dasar hukum yang jelas dan kuat dalam menyikapi permasalahan-permasalahan hukum.

"Kami melihat antusias dari peserta yakni mahasiswa yang memiliki pemikiran kritis dan kemauan serta kemampuan yang mungkin tiap hari terasah di bidang hukum. Harapannya nanti mereka ini orang-orang yang menyuarakan hukum yang baik dan menanamkan budaya hukum ke masyarakat," kata Irjen Viktor kepada wartawan.

Menurutnya pemikiran kritis para mahasiswa harus diwadahi sehingga keterampilan mereka dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tidak hanya asal menyuarakan pendapat mereka soal isu-isu hukum, Irjen Viktor berharap agar para peserta ini juga bisa memberikan solusi dalam menyikapi dalam setiap permasalahan hukum yang ada 

"Perlu kita wadahi agar mereka dalam menyampaikan pendapatnya di publik atau dalam menyikapi persoalan hukum yang ada mereka punya dasar-dasar hukum yang kuat," kata Kadivkum.

"Jadi apresiasi dan terima kasih atas keikutsertaan mereka, mudah-mudahan ini menjadi embrio untuk mereka meningkatkan kemampuan hukumnya dan kedepan kita harap ini kita akan adakan kembali sehingga para mahasiswa yang mungkin lagi kuliah hukum dapat mempersiapkan diri untuk even yang akan datang," pungkasnya.

Adapun yang menjadi Juara 3 yakni Universitas Tadulako perwakilan dari Polda Sulawesi Tengah. Sementara Juara 4 yakni Universitas Padjajaran perwakilan Polda Jabar. Dalam lomba yang dihadiri oleh Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Divisi Hukum juga menggelar Lomba Penyuluhan yang diikuti oleh anggota Polri. Para anggota diuji kemampuannya dan profesionalisme dalam memberikan penyuluhan hukum tentang hukum-hukum terbaru kepada anggota Polri dan masyarakat

*Perkuat Sinergitas Diawal Tugas Kapolres Tulungagung Kunjungi Kejaksaan*

TULUNGAGUNG – AKBP Muhammad Taat Resdi, S.H., S.I.K yang baru menjabat sebagai Kapolres Tulungagung menggantikan AKBP Teuku Arsya Khadafi kali ini berkunjung ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulungagung.

Kunjungan tersebut adalah kunjungan pertama AKBP Muhammad Taat Resdi, S.H., S.I.K., MTCP selaku pejabat baru sebagai Kapolres Tulungagung, setelah sertijab pada 17 Juli 2024 di Polda Jatim.

Kedatangan Kapolres Tulungagung yang baru ini mendapat sambutan hangat dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tri Sutrisno, SH, MH. yang didampingi para PJU Kejari.

Dalam kesempatan tersebut, selain memperkenalkan diri Kapolres Tulungagung juga mohon dukungan dan kerjasama dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

"Sebagai orang baru tentunya kami "kulo nuwun" sekaligus menjalin komunikasi, agar kedepan komunikasi, kerjasama lebih sinergi", ujar AKBP Taat, Selasa (30/07/2024).

Kapolres Tulungagung juga mengatakan bahwa kunjungannya kali ini juga untuk memperkuat sinergitas dalam mewujudkan Tulungagung yang aman dan kondusif.

"Tentunya demi keamanan Kabupaten Tulungagung semakin kondusif dan terus kondusif", sambungnya.

Sementara itu Kajari Tulungangung Tri Sutrisno, SH, MH mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Tulungagung yang baru.

“Selamat datang Bapak Kapolres AKBP Muhammad Taat Resdi, di Kabupaten Tulungagung ini, semoga hubungan yang sudah terjalin dengan baik selama ini bisa ditingkatkan,”ucap Tri Sutrisno. (*)

Senin, 29 Juli 2024

*Operasi Patuh Semeru 2024 Polres Tulungagung Berhasil Tekan Angka Laka Lantas*

TULUNGAGUNG - Secara umum situasi selama Operasi Patuh Semeru 2024 yang berlangsung 14 Hari dimulai tanggal 15 Juli 2024 sampai dengan 28 Juli 2024 di wilayah hukum Polres Tulungagung berjalan aman dan lancar. 

Hal ini dibuktikan dengan menurunnya angka kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) yang terjadi di wilayah Hukum Polres Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi, S.H., S.I.K., MTCP melalui Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Jodi Indrawan, S.I.K. mengatakan tidak ada kejadian menonjol selama pelaksanaan Operasi.

“Alhamdulillah untuk kecelakaan lalu lintas juga berhasil menurun dari tahun sebelum nya,”ujar AKP Jodi, Selasa (30/7).

Ia menuturkan untuk tahun 2024 ada 19 kejadian laka sedangkan pada tahun 2023 ada 59 kejadian laka atau terjadi penurunan hingga 67,8%.

Pada Operasi Patuh Semeru 2024, Polres Tulungagung juga melakukan penindakan pelanggaran, baik dengan Etle Mobile maupun Etle Statis dan juga Tilang manual untuk pelanggaran kasat mata. 

Selain itu masih kata AKP Jodi, pihaknya juga melaksanakan teguran lisan kepada pelanggar lalu lintas.

Pada Operasi Patuh Semeru 2024, Polres Tulungagung juga melakukan beberapa kegiatan guna mencegah kemacetan maupun kecelakaan.

“Kami juga memasang banner himbauan di beberapa titik lokasi rawan laka,”ungkap AKP Jodi.

Pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan keselamatan berkendara kepada masyarakat serta penggelaran personel di jalan raya pada jam-jam rawan juga dilakukan oleh Polres Tulungagung.

Menurut AKP Jodi, hal tersebut terbukti efektif dengan menurunnya angka pelanggaran lalu lintas di wilayah Tulungagung selama pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2024.

“Upaya - upaya tersebut kami lakukan tentunya untuk keamanan dan keselamatan masyarakat di jalan raya, sehingga tercipta situasi arus lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar,”pungkasnya. (*)

*Kapolres Jember Resmikan Sumur Bor Bhayangkara Tatag Trawang Tungga di Desa Candijati*

JEMBER - Dalam upaya memberikan solusi terhadap masalah kekurangan air bersih yang dialami warga, Polres Jember Polda Jatim membangun Sumur Bor ( sumur dalam ) untuk warga Masyarakat.

Sumur Bor itu dinamai Sumur Bor Bhayangkara Tatag Trawang Tungga yang dibagun di Dusun Krajan Barat, Desa Candijati, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

Peresmian sumur bor ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, pada Selasa (30/7/2024).

Dibangunnya sumur bor ini juga sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78.

Sumur bor tersebut merupakan inisiatif Polres Jember untuk membantu masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan air bersih, terutama saat musim kemarau. 

Sumur ini memiliki kedalaman 102 meter dan diproyeksikan dapat memberikan manfaat kepada sekitar 480 Kepala Keluarga (KK) di dua dusun yakni Dusun Krajan Barat dan Dusun Krajan Timur, Desa Candijati.

Dalam sambutannya, Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, menyampaikan bahwa bantuan sumur bor ini adalah bentuk empati Polres Jember terhadap warga yang mengalami kesulitan pasokan air bersih setiap musim kemarau.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga Dusun Krajan Barat dan Dusun Krajan Timur disaat musim kemarau yang berpotensi krisis air bersih di Lokasi tersebut.

“Kami juga berharap agar sumur bor ini dapat dikelola secara swadaya oleh masyarakat tanpa dikomersilkan, sehingga semua warga dapat merasakan manfaatnya," ujar AKBP Bayu Pratama.

Kapolres juga menegaskan komitmen Polres Jember untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Jember.

"Polres Jember akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Semoga sumur bor ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama," tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Candijati, Totok Hardiono, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolres Jember dan seluruh jajaran atas bantuan sumur bor ini.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Polres Jember. Sumur bor ini sangat bermanfaat bagi warga kami yang sering mengalami kesulitan air bersih," kata Totok Hardiono.

Acara peresmian Sumur Bor Bhayangkara Tatag Trawang Tungga Polres Jember ini ditutup dengan doa bersama dan peninjauan langsung ke lokasi sumur bor oleh para tamu undangan. 

Adanya sumur bor ini diharapkan dapat memberikan solusi jangka panjang bagi masalah air bersih di wilayah tersebut, serta meningkatkan kualitas hidup warga Dusun Krajan Barat dan Dusun Krajan Timur, Desa Candijati, Kecamatan Arjasa.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Wakapolres Jember, Jimmy Heryanto H. Manurung, S.H., S.I.K., M.Si., PJU Polres Jember, Kapolsek Arjasa, AKP Agus Sutriyono, S.H., Danramil Arjasa Kapten Inf. I Gusti Putu Aryawibawa; Camat Arjasa, H.A. Fauzi, S.Sos., M.Si.; dan Kepala Desa Candijati, Totok Hardiono, serta sekitar 80 warga Dusun Krajan Barat, Desa Candijati. (*)

*Polres Pamekasan Tingkatkan Keterampilan Anggota Dalmas Jelang Pilkada Serentak 2024*

PAMEKASAN - Menjelang pelaksanaan Pilkada 2024, Polres Pamekasan Polda Jatim menggelar kegiatan pelatihan pengendalian massa (Dalmas). 

Latihan ini dipimpin langsung oleh Kasatsamapta Polres Pamekasan AKP Bambang didamingi KBO Samapta Polres Pamekasan di Lapngan Apel Polres Pamekasan, Rabu (24/7/2024).

Mereka dilatih dalam berbagai formasi, termasuk formasi dorong dan formasi berlindung, yang menjadi kunci dalam menghadapi situasi huru hara yang mungkin terjadi.

Kasihumas Polres Pamekasan AKP Sri Sugiarto menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan anggota Dalmas Polres Pamekasan dalam pengendalian massa, yang merupakan bagian dari tugas pokok mereka. 

“Mengingat Pilkada yang akan datang, persiapan ini menjadi sangat penting untuk memastikan situasi tetap kondusif dan aman,”ungkap AKP Sri Sugiarto.

Dalam latihan tersebut Polres Polres Pamekasan juga melibatkan personil Polwan dalam latihan Dalmas. 

Menurut AKP Sri Sugiarto hal ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa personel Dalmas Polres Pamekasan siap secara fisik dan mental dalam menghadapi setiap potensi gangguan keamanan selama periode Pilkada Serentak mendatang.

“Kesiapan ini sangat penting untuk memastikan kelancaran proses demokrasi dan keamanan masyarakat,” ucap AKP Sri Sugiarto.

Dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, lanjut AKP Sri Sugiarto secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. 

Selain itu juga dapat membentuk mental emosional yang stabil, artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

AKP Sri Sugiarto menanmbahkan, Polres Pamekasan terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat.

Salah satu upayanya adalah melalui peningkatan kemampuan dan kesiapan personil dalam menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi selama Pilkada serentak. (*)

*Polres Kediri Kota Beri Pendampingan Khusus Pelayanan SIM Bagi Penyandang Disabilitas*

KOTA KEDIRI - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kediri Kota Polda Jatim memberikan fasilitas khusus kepada para penyandang disabilitas dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Polres Kediri Kota Polda Jatim kepada para kaum difabel yang mengajukan permohanan layanan khususnya SIM. 

Hal itu seperti disampaikan oleh Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Andhini Puspa Nugraha, S di kantor Satpas SIM Polres Kediri Kota, Selasa (30/7).

“Kepemilikan SIM tidak hanya diberlakukan bagi masyarakat normal, namun kami  juga menerbitkan SIM bagi penyandang disabilitas sebagai salah satu persyaratan untuk berkendara,”kata AKP Andhini.

Ia mengatakan pemohon SIM bagi penyandang disabilitas tidak ada perbedaan dengan orang normal mengenai persyaratannya seperti  administrasi, ujian teori, hingga praktik.

“Hanya saja yang berbeda adalah para disabilitas harus didampingi oleh ahli atau penerjemah bahasa isyarat bagi tuna rungu,”kata AKP Andhini.

Kasatlantas Polres Kediri Kota ini juga mengatakan, bagi penyandang seperti keterbatasan fisik atau cacat perlu alat bantu. 

“Untuk alat bantu kami siap memfasilitasi untuk melayani mereka," jelas AKP Andhini.

Kasatlantas Polres Kediri Kota mengklaim, pelayanan bagi kaum disabilitas yang diusulkan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) selama ini sudah berjalan dengan baik.

Menurut AKP Andhini, jika ada pemohon SIM dari penyandang disabilitas, maka tidak perlu khawatir karena akan difasilitasi dan berkoordinasi dengan petugas di satpas untuk dibuatkan jadwal sehingga kegiatannya bisa terkoordinir.

"Kalau teman-teman disabilitas khususnya wilayah Kota Kediri yang belum tahu atau kesulitan dapat informasi bisa langsung datang kesini, nanti akan kami layani dan diberikan penjelasan," ucap Kasat Lantas

Sementara itu menurut pengakuan salah seorang pemohon SIM yang menyandang disabilitas, pelayanan pengurusan SIM di Polres Kediri Kota sudah wajar dan tidak dipersulit.

“Saya merasa senang bisa membuat SIM disini,pelayanannya sejak awal tadi baik sekali," ujar Kafi, salah satu penyandang disabilitas tuna rungu.

Lelaki asal Kelurahan Banjarmlati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ini mengaku, mendapatkan kemudahan karena difasilitasi selama tahapan pembuatan surat izin mengemudi. 

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada kepolisian (Satlantas Polres Kediri Kota) karena sudah membantu dan memfasilitasinya.

"Prosesnya cepat dan petugas kepolisian sangat membantu kami. Semoga ke depannya teman-teman disabilitas bisa dipermudah," ucapnya. (**)

*Polresta Malang Kota Sukses Tekan Angka Lakalantas Selama OPS Patuh Semeru 2024*

KOTA MALANG – Operasi Patuh Semeru 2024 yang digelar oleh Polresta Malang Kota selama 14 hari, mulai tanggal 14 hingga 28 Juli 2024, telah membuahkan hasil yang signifikan.

Salah satu faktor kunci keberhasilan Ops Patuh Semeru 2024 adalah pemanfaatan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan ETLE Mobil Handfield (EHM) secara maksimal.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno saat ditemui menjelaskan Sistem pengawasan berbasis elektronik tersebut terbukti efektif dalam mendeteksi dan menindak pelanggaran lalu lintas secara objektif. 

Data mencatat 1.847 pelanggaran yang berhasil direkam oleh ETLE statis sepanjang tahun 2024 dan EMH mengalami penurunan dratis, pada tahun 2023 ada 1369 dan pada tahun 2024 ada 646 pelanggar jadi mengalami penurunan 53%.

Sementara Penindakan dilakukan EMH Polresta Malang Kota mengalami penurunan dratis semitar 53%, pada tahun 2023 ada 1369 dan pada tahun 2024 ada 646 pelanggar.

"Meskipun penggunaan ETLE statis dan EMH terus ditingkatkan, penindakan secara manual tetap dilakukan untuk pelanggaran tertentu, seperti penggunaan knalpot brong dan kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat lengkap (STNK, SIM)." Ungkap Kompol Aris, Senin (29/07).

Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pelanggar dan menciptakan situasi lalu lintas yang lebih tertib.

Dalam penindakan tilang manual mengalami peningkatan 346% mengingat tahun 2023 ada 59 dan tahun 2024 pelanggar yang kena tilang manual berjumlah 263.

Dari semua data menunjukkan bahwa pelanggaran lalu lintas paling banyak dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Saat disinggung Lakalantas dan hasil evaluasi, Kompol Aris memaparkan angka kecelakaan lalu lintas menurun 70% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Penurunan ini tidak lepas dari upaya intensif yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Malang Kota dalam melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat." Ungkap Kompol Aris.

Pelaksanaan edukasi menyasar berbagai kalangan, mulai dari pelajar hingga masyarakat umum.

"Dalam meningkatkan Kamseltibcarlantas, kami akan terus meningkatkan pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor, " pungkas Kompol Aris.

Sementara itu dalam apel konsolidasi, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto S.I.K., M.Si., menyampaikan apresiasi atas keberhasilan operasi ini dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kapolresta Malang Kota berharap bahwa keberhasilan Operasi Patuh Semeru 2024 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat.

"Upaya secara preventif dan represif dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah Kota Malang akan terus dilakukan," kata Kombes Pol Budi Hermanto. (*)

*Polres Lumajang Matangkan Pengamanan Wujudkan Pilkada Damai 2024*

LUMAJANG – Polres Lumajang Polda Jatim kembali menggelar gladi lapang sispamkota, kesiapan pengamanan pilkada serentak tahun 2024 dan pelatihan FT Sabhara, sebagai persiapan menghadapi Pilkada 2024. 

Gladi lapang yang melibatkan seluruh personel ini bertujuan memastikan keamanan dan kelancaran proses pemilihan.

Gladi lapang yang digelar di halaman Mapolres Lumajang, Sabtu (27/7/2024). 

Berbagai skenario gangguan keamanan, mulai dari kerusuhan hingga ancaman lainnya, disimulasikan untuk mengantisipasi segala kemungkinan.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk menciptakan suasana kondusif selama proses pemilihan. 

Melalui simulasi, petugas dilatih untuk menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan dan siap bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur Rofik melalui Kasihumas Polres Lumajang Ipda Sugiarto mengatakan, kegiatan gladi bersih ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh unsur pengamanan dalam menghadapi Pilkada 2024.

Ipda Sugiarto menjelaskan, bahwa gladi lapang ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada 2024.

“Gladi lapang ini merupakan salah satu upaya kami untuk memastikan keamanan dan kelancaran Pilkada 2024,,” kata Ipda Sugiarto.

Pihaknya akan terus bersinergi dengan seluruh unsur pengamanan lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Lumajang, termasuk dalam menghadapi Pilkada

“Kami akan terus bersinergi dengan seluruh unsur pengamanan lainnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Lumajang, termasuk dalam menghadapi Pilkada 2024,” pungkas Ipda Sugiarto. (*)

*Polresta Sidoarjo Gelar TFG dan TWG Pengamanan Pilkada Serentak 2024*

SIDOARJO - Polresta Sidoarjo bersama Polsek jajaran, Satbrimob Polda Jawa Timur, Kodim 0816 Sidoarjo, Satpol PP serta sejumlah instansi terkait menggelar Tactical Floor Game (TFG) dan Tactical Wall Game (TWG) pengamanan Pilkada serentak 2024 di Gedung Serbaguna Polresta Sidoarjo, Senin (29/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Kabag Ops Polresta Sidoarjo Kompol Riki Donaire Piliang, dengan penyampaian paparan tentang tahapan-tahapan serta upaya pengamanan Pilkada serentak 2024. 

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan TFG dan TWG dari Kabag Ops Polresta Sidoarjo dan Instruktur dari Satbrimob Polda Jatim.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tugas para perwira pengendali (Padal) serta untuk penyamaan persepsi cara bertindak anggota di lapangan agar jelas, terkait siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa," ujar Kompol Riki Donaire Piliang.

Selain itu dengan dilaksanakannya TFG dan TWG dalam rangka Simpamkota Pilkada serentak 2024, juga untuk memastikan kesiapan personel gabungan yang terlibat dalam mengawal jalannya Pilkada serentak 2024 sehingga berlangsung aman, lancar, dan terkendali.

Dalam TFG dan TWG dipaparkan berbagai skenario pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024. 

Mulai situasi kamtibmas jelang Pilkada sampai dengan tahap sidang pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil pemungutan suara. 

Termasuk di jelaskan dalam skenario di saat situasi massa yang sangat genting atau tidak terkendali, back up pengamanan dari unsur Satbrimob Polda Jatim dan TNI pun siap diturunkan sewaktu-waktu. (*)

Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat dan Sertijab Pati Polri, Ada Kadiv Propam dan Sejumlah Kapolda

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) Polri di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Adapun pati yang mengikuti upacara kenaikan pangkat dan sertijab yakni jabatan Kadiv Propam Polri dan sejumlah Kapolda.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, ada 17 pati Polri yang melaksanakan upacara kenaikan pangkat dan sertijab pada hari ini.

"Hari ini ada dua acara serah terima jabatan PJU Kapolda dan korps raport kenaikan pangkat Pati. Untuk PJU yang hari ini serah terima Kadiv Propam. Kemudian untuk Kapolda ada Kapolda Sumatra Utara, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, Kapolda Kaltara, Kapolda Maluku serta satu pejabat utama pejabat utama yang alih tugas yaitu staf Ahli Kapolri," kata Dedi.

Selanjutnya, eks Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi menjalani korps raport kenaikan pangkat dari jenderal bintang dua atau Irjen menjadi jenderal bintang tiga atau Komjen.

"Kemudian ada tambahan enam korps raport kenaikan pangkat dari Kombes ke pati atau bintang satu," ujarnya.

Jabatan Kadiv Propam Polri yang sebelumnya diemban Komjen Pol Syahar Diantono kini resmi dijabat Irjen Pol Abdul Karim.

Lalu ada Irjen Pol Suyudi Ario Seto yang kini menjabat sebagai Kapolda Banten menggantikan tempat yang ditinggal Irjen Pol Abdul Karim.

Kemudian Kapolda Sumatera Utara resmi berganti dari Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjadi Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto.

Irjen Pol Hendro Pandowo kini menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Irjen Pol Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku digantikan Irjen Pol Eddy Sumitro. Selanjutnya jabatan Koorsahli diemban Irjen Pol Hadi Gunawan.

Kapolda Jawa Tengah pun resmi berganti pimpinan dari Komjen Pol Ahmad Luthfi menjadi Irjen Pol Ribut Hari Prabowo. Ahmad Luthfi sebelumnya dimutasi penugasan luar struktur di Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Irjen Pol Daniel Adityajaya yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Utara kini menjadi Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narenda. Jabatan Kapolda Kalimantan Utara digantikan oleh Irjen Pol Hary Sudwijanto.

Terakhir ada Kapolda Bengkulu yang kini dipimpin oleh Irjen Pol Anwar menggantikan Irjen Pol Armed Wijaya.

*Ditpolairud Polda Jatim Berhasil Ungkap Jual Beli Benih Lobster Illegal di Banyuwangi, Dua Tersangka Diamankan*

SURABAYA -  Subdit Gakkum Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Timur, meringkus dua tersangka jual beli Benih Bening Lobster (BBL) tanpa dilengkapi ijin sah di wilayah pesisir laut desa Kemunduran, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Jum’at (26/7/2024) 

Kedua tersangka yang diamankan Polisi sekira pukul 08.00 WIB adalah SC (51) warga Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi dan SR (51) warga Jalan Pluit Dalam, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara yang tinggal di Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Dirpolairud Polda Jatim, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin menjelaskan, pada hari Jumat (26/7/2024) Subdit Gakkum menerima informasi dari masyarakat adanya perdagangan jual beli Benih Bening Lobster (BBL).

Diduga kuat jual beli itu tanpa dilengkapi dokumen atau ijin sah di wilayah pesisir laut desa Kemunduran, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Menindaklanjuti info tersebut anggota subdit gakkum bergerak menuju jalan raya Situbondo - Banyuwangi. 

Pada pukul 24.00 WIB, Polisi mencurigai mobil Pajero Sport dan kemudian dilakukan pembuntutan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan BBL empat buah bok Sterofoam dan 124 kantong plastik," kata Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Senin (29/7/2024).

Polisi langsung mengamankan dua tersangka SR dan SC, kemudian dilakukan pengembangan ke gudang milik tersangka SR yang ada di wilayah Pesisir Pantai Desa Kemunduran Wongsorejo Banyuwangi.

Lebih jauh diterangkan dari hasil pengungkapan ini juga diamankan barang bukti berupa empat Styrofoam, 124 kantong berisi Benih Bening Lobster (BBL), satu unit mobil Mitsubishi Pajero Dakar, tiga unit HP. 

"Sampai saat ini masih dilakukan pengembangan siapa yang menjadi pembeli, kemudian yang menggerakkan maupun yang menghimpun benih lobter," kata Kombes Arman.

Kedua pelaku dikenakan Pasal 92 Jo Pasal 26 Ayat (1) UU Nomor 45 Tahun 2009, tentang perubahan UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan dan atau Pasal 88 Jo Pasal 16 UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana diubah dalam Pasal 27 Angka 26 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 Tahun 2022.

Ancaman hukuman 8 tahun dan denda maksimal Rp. 1.500.000.000,- (satu milyard lima ratus juta rupiah). 

Dan untuk perkara TPPU ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun dan denda paling banyak sebesar Rp. 10.000.000.000,- (sepuluh milyard rupiah). (*)

*Ditpolairud Polda Jatim Berhasil Tangkap Perakit dan Pedagang Bom Ikan*

SURABAYA - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jatim, berhasil menangkap perempuan berinial FR (45) warga Pasuruan, yang diduga pelaku perakit Bom Bondet atau Bom ikan untuk dijual kembali.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto dalam konferensi pers di Gedung Bidhumas Polda Jatim,Senin (29/7/2024)

“Tersangka saudari FR (45) ini juga merupakan resedivis dalam kasus yang sama, yakni perakit Bom Bondet atau Bom ikan yang dijual kembali,”kata Kombes Dirmanto.

Sementara itu Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Jatim, Kombes Pol. Arman Asmara mengatakan, pelaku membeli bahan peledak jenis TNT sebanyak 3 Kg dan kabel roll yang akan digunakan unuk sumbu peledak, kepada seorang berinisial SS, di wilayah Kota Pasuruan. 

"Bahan peledak tersebut dirakit sendiri oleh pelaku untuk menjadi bom ikan dan dijual kembali kepada AN di Bombana Sulawesi Tenggara, dengan harga Rp 1,5 Juta per unit Bom Ikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Arman menjelaskan,pada hari Minggu tanggal 07 Juli 2024, pukul 20.00 WIB, Tim Intel Air Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim, menerima laporan informasi dari masyarakat tentang adanya pengiriman penjualan bahan peledak TNT, untuk dibuat atau dirakit menjadi bom ikan di wilayah Pasuruan. 

Menindak lanjuti informasi tersebut, pada hari Senin tanggal 08 Juli 2024 sekira pukul 05.00 WIB, tim Intel Air Ditpolairud Polda Jatim langsung bergerak menuju sekitar Jalan Raya Bungul Kidul, Kota Pasuruan.

Dan sekira pukul 08.30 WIB, tim Intel Air telah menghentikan seseorang yang berinisial IS di depan Indomart Kota Pasuruan. 

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap barang yang dibawanya, berupa tas belanja warna hijau.

“Hasil pengecekan tersebut telah diketemukan bahan peledak sebanyak kurang lebih 3 Kg dan sumbu peledak berupa kabel roll panjang 30 meter," jelas Kombes Pol. Arman.

Setelah dilakukan introgasi bahwa IS tersebut merupakan orang yang diperintah oleh Tersangka FR, untuk mengambil barang di depan Indomart Kota Pasuruan, dengan  bertemu seorang perempuan yang mengantar barang tersebut dengan menggunakan mobil berwarna putih. 

"Selanjutnya saudari IS menelepon Tersangka FR yang saat itu berada di Surabaya dan sekira pukul 10.00 WIB, tersangka FR datang ke lokasi,”terang Kombes Pol. Arman.

Selanjutnya dilakukan introgasi dan menyatakan bahwa benar serta mengakui jika barang berupa bahan peledak jenis TNT beserta kabel sumbu peledak tersebut miliknya yang dipesan dari saudari SS warga Probolinggo.

Pelaku dibawa ke Surabaya, dan dilakukan pengembangan ke rumah kontrakan tersangka FR, di kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. 

Didalam rumah kontrakan tersebut didapatkan barang bukti yang diduga ada kaitannya dengan tindak pidana. 

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Mako Ditpolairud Polda Jatim guna pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya. (*)

*Misteri Kematian Supir Truk Terungkap, Polres Madiun Berhasil Amankan 2 Tersangka*

MADIUN - Satreskrim Polres Madiun Polda Jatim berhasil mengungkap penyebab seorang sopir inisial HAP yang ditemukan meninggal dunia pada hari Rabu, tanggal 17 Juli 2024 sekitar pukul 14.00 WIB. 

Korban ditemukan meninggal di dalam truk Mitsubishi Canter dengan nomor polisi AB-8196-PK yang terparkir di halaman parkir Rumah Makan Ngangeni, Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Kapolres Madiun, AKBP Muhammad Ridwan mengungkapkan setelah dilakukan penyelidikan, Polisi mengungkap bahwa meninggalnya korban diduga kuat karena dibunuh.

“Kami segera melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan barang bukti dan memeriksa saksi – saksi, hingga akhirnya kami berhasil amankan terduga pelaku,”ujar AKBP Muhammad Ridwan, Senin (29/7).

Dari hasil pemeriksaan terhadap terduga pelaku,lanjut AKBP Muhammad Ridwan motif pembunuhan ini adalah untuk menguasai dan memiliki barang muatan yang dibawa oleh korban.

"Korban yang merupakan teman dari tersangka sesama sopir, diketahui membawa muatan berupa tembaga dan kuningan,”kata AKBP Muhammad Ridwan.

Tersangka TN, yang warga Kabupaten Trenggalek, berniat untuk merampok barang tersebut. 

“Tersangka TN mengajak tersangka SPO dari Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, untuk membantu dalam melaksanakan kejahatan ini," ungkap AKBP Muhammad Ridwan.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku telah mengikuti korban sejak dari Yogyakarta.

Pada saat korban sedang beristirahat di daerah Padas, Kabupaten Ngawi,tersangka mendatangi korban dan memukul korban dengan sebuah besi.

“Tersangka SPO memukul kepala korban bagian belakang dengan menggunakan besi pengait dongkrak yang diambil dari truk yang dikendarai TN, sehingga korban jatuh tersungkur dengan memegangi kepalanya yang kesakitan” terang AKBP Muhammad Ridwan.

Setelah itu, tersangka TN dan SPO menaikkan korban ke dalam kabin truk yang dikendarai oleh korban dan membawa truk tersebut ke Rumah Makan Ngangeni di Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. 

Sedangkan muatan tembaga dan kuningan kurang lebih sebesar 2,7 ton dipindahkan ke truk yang sebelumnya dikendarai oleh TN. 

Selanjutnya TN membawa muatan tersebut ke Madura dan meninggalkan korban didalam truknya dalam keadaan terkunci dari luar.

Tersangka TN menjual barangnya ke Madura dan berhasil menjualnya seharga Rp 374.000.000,- (tiga ratus tujuh puluh empat juta rupiah). 

Hasil penjualan tersebut kemudian oleh TN dibagikan kepada SPO sebesar Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). 

Sebanyak Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) digunakan untuk menyewa truk dan ada tiga orang kuli yang masing-masing Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah). 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Tersangka TN dan SPO diancam dengan Pasal 339 KUHP atau Pasal 365 ayat (3) KUHP.

“Ancaman hukuman penjara seumur hidup atau selama-lamanya dua puluh tahun penjara,”pungkas Kapolres Madiun. (*)

Minggu, 28 Juli 2024

*Polres Probolinggo Kota Siagakan Personel Pengamanan Dukung Kelancaran Promosi Wisata*

KOTA PROBOLINGGO - Bekerjasama dengan Photographic Society Of America Worldwide (PSA), Dispopar Kota Probolinggo menggelar promosi destinasi pariwisata budaya dan kearifan lokas Kota Probolinggo. 

Sebagai langkah antisipasi, Polres Probolinggo Kota Polda Jatim turunkan ratusan personel untuk pengamanan.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian melalui Plt Kasihumas Iptu Zainullah mengatakan Event yang digelar pemerintah Kota Probolinggo ini mendatangkan para wisatawan dari mancanegara. 

“Untuk menjamin kelancaran dan keamanannya, jajaran Polres Probolinggo Kota menempatkan personel pengamanan di setiap titik yang akan dikunjungi oleh para wisatawan,”Iptu Zainullah,Sabtu (27/07/24)

Ia menjelaskan, kegiatan di Kota Probolinggo ini merupakan kegiatan lanjutan dari tour wisata PSA dari Yogyakarta, Surakarta, yang berlanjut ke Kota Probolinggo dan ditutup di kawasan wisata Gunung Bromo.

“Ada beberapa titik nanti yang akan dikunjungi oleh para wisman diantaranya adalah Gereja Merah, Klenteng, BJBR, event Kerapan Sapi Brujul dan Pantai Permata,”terang Iptu Zainullah.

Untuk personel yang dilibatkan, Kasihumas Polres Probolinggo Kota ini mengatakan kurang lebih 150 personel gabungan dari jajaran Polres Probolinggo Kota dilibatkan kegiatan pengamanan ini.

Selain titik-titik destinasi, jajaran Polres Probolinggo Kota juga menyiagakan personel di tempat para wisman bermalam. 

“Kami berkomitmen untuk terus melaksanakan pengamanan di seluruh rangkaian kegiatan, tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga upaya preventif terhadap potensi ancaman,” tambah Iptu Zainullah.

Kasihumas Probolinggo Kota mengharapkan, dengan pengamanan yang maksimal dan koordinasi yang baik antara pihak Kepolisian dan pihak penyelenggara, Kota Probolinggo terus menjadi tempat wisata yang aman dan menarik bagi semua pengunjung baik dari dalam ataupun luar negeri. 

“Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah Kota dalam mempromosikan Kota Probolinggo sebagai salah satu destinasi wisata di Propinsi Jawa Timur.”pungkasnya. (*)

*Polres Madiun Kota Gelar Penyekatan Jalur Perbatasan pada Pengesahan Warga Baru Pandan Alas*

KOTAMADIUN – Antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban Masyarakat ( Kamtibmas) pada kegiatan pengesahan warga baru Perguruan  Pencak Silat Pandan Alas di Kecamatan Kare Kabupaten Madiun.

Polres Madiun Kota melakukan penyekatan jalur di perbatasan Kota – Kabupaten Madiun Tepatnya di Perempatan Manisrejo Kota  Madiun.Sabtu (27/7/2024) malam.

Sebelum dilaksanakan pengamanan petugas melaksanakan apel pengamanan yang dilaksanakan di halaman mako Polres Madiun Kota.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto melalui Kabag Ops Kompol Suprapto mengatakan, penyekatan jalur perbatasan antar wilayah tersebut dilakukan juga dalam rangka kelancaran arus lalu lintas dan antisipasi gangguan Kamtibmas.

“Kami lakukan pengamanan dengan penyekatan di perbatasan dan patroli demi kegiatan Masyarakat Pengesahan warga baru berjalan aman,lancar dan kondusif,”ujar Kompol Suprapto.

Kabag Ops menambahkan bahwa wilayah Polres Madiun Kota merupakan jalur lintas peserta dari Warga Pencak Silat Pandan alas yang akan melaksanakan kegiatan sah sahan. 

Kegiatan pengamanan serta penyekatan di perbatasan tersebut Polres Madiun Kota menerjunkan 112 personil yang ditempatkan di tempat tempat rawan.

Ia berharap dengan kegiatan penyekatan  ini, kamtibmas di wilayah Kota Madiun tetap kondusif sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan nyaman dan damai. (*)

*Polisi Lakukakan Pengamanan, Gresik Bersholawat di Pulau Bawean Berjalan Kondusif*

GRESIK – Kapolres Gresik AKBP Arief Kurniawan memimpin 100 personel pengamanan Gresik Bersholawat di Alun-alun Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Sabtu (27-07-2024) malam.

Hadir Bupati Gresik Fandi Achmad Yani,Dandim 0817 Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, Gresik, Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Dr. Moch. Anton Maulana, Forkopimda, Forkompimcam dan tamu undangan serta masyarakat Kepulauan Bawean. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Gresik dan juga doa bersama untuk keselamatan warga Bawean. 

Gus Yani mengharapkan, melalui momentum dzikir dan doa bersama untuk mengingat dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT Serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan syariat dan syiar Islam secara kaffah.

”Hari ini merupakan kesempatan baik untuk kita semua untuk bermunajah kepada Allah. Mudah mudahan kita selalu di berikan kesehatan, kesembuhan, rizki yang berlimpah dan terhindar dari segala bencana,” ujar Bupati Gus Yani.

Kapolres Gresik AKBP Arief Kurniawan memastikan kegiatan Gresik Bersholawat berlangsung aman dan lancar meski berada di Kepulauan Bawean, Gresik. 

"Alhamdulilah acara Gresik bersholawat berlangsung aman dan lancar, kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga sama sama-sama kamtibmas di kepulauan Bawean aman dan kondusif,"ujarnya.

Acara Gresik Bersholawat bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf ini dengan iringan Grup Sholawat Hadrah Ahbabul Musthofa yang diikuti puluhan ribu warga Bawean.

“Bawean sangat istimewa, masih asli dan asri alamnya. Makasih semua pihak terkait yang membantu acara ini,” ucapnya. (*)